Sen. Mei 23rd, 2022

NTT Bangkit

Media Promosi Pariwisata,Bisnis dan Investasi NTT

Mengatasi Karhutla Di NTT, Victor Laiskodat: Ubah Budaya Bakar Dengan Agroteknologi

1 min read

Gubernur NTT Victor Bungtilu Laiskodat (Picture: mediaindonesia.com)

KUPANG, NTTBANGKIT.com – Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) Provinsi Nusa Tenggara Timur ( NTT) merupakan salah satu permasalahan yang ada di provinsi NTT. Berdasarkan catatan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) tentang luas lahan yang terbakar di Indonesia, NTT menempati urutan pertama. 

Menanggapi hal ini, Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat, membenarkan soal banyaknya lahan di wilayahnya yang terbakar. 

Menurut Viktor, NTT berbeda dengan provinsi lainnya di Indonesia. Kebakaran hutan di NTT kata Viktor, tidak terlepas dari budaya masyarakat setempat yang kerap membakar lahan hingga hutan untuk bercocok tanam, mengingat masyarakat NTT umumnya hidup dari pertanian dan hasil kebun. 

“NTT sedikit berbeda dengan wilayah lain. Bakar lahan itu sudah menjadi kebiasaan orang NTT yang notabenenya hidup dari cocok tanam,” tutur Laiskodat.

Menurut Laiskodat, mindset masyarakat di NTT masih menganggap kalau lahan dibakar, maka tanaman akan tumbuh lebih subur dan cocok untuk ternak. 

“Karena itu kita harus merubah budaya dan pengawasan terus menerus dilakukan,” imbuh Laiskodat. 

Terkait dengan kondisi itu, Viktor pun telah memberikan surat kepada para bupati di NTT, untuk segera melakukan pengawasan berkaitan dengan kondisi kebakaran yang terjadi.

 “Fokus kita itu bagaimana merubah budayanya. Kita sedang mengembangkan agroteknologi sehingga kedepannya kita berharap masyarakat bisa bercocok tanam dengan cara yang lebih modern tanpa harus membakar lahan dan hutan,” tutur Laiskodat.

Penulis: Emild Kadju/NBC

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 NTTBANGKIT.

Tentang Kami   |   Tim Redaksi