Jum. Okt 22nd, 2021

NTT Bangkit

Media Promosi Pariwisata,Bisnis dan Investasi NTT

Butuh 500 Ribu Profesional Muda, Laiskodat Berniat Mengirim Pemuda NTT Ke Luar Negeri

2 min read

Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat (Sumber: Ist.)

KUPANG, NTTBANGKIT.com – Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Bungtilu Laiskodat menyatakan bahwa untuk mewujudkan mimpi NTT bangkit menuju sejahtera, dibutuhkan 500 ribu anak muda yang siap bergerak. Hal tersebut dikatakan Laiskodat pada sesi keynote speaker Talkshow Entrepreneurship Generasi Muda NTT bangkit menuju Sejahtera di Halaman Bank NTT pada Sabtu (2/2/2019) pagi.

Acara tersebut didedikasikan dalam rangka peluncuran empat program unggulan Bank NTT yang bertepatan dengan HUT Harian Victory News  ke-7.

Kepada audience yang terdiri dari orang muda, pelaku usaha kreatif dan para pimpinan lembaga keuangan tersebut, Laiskodat juga menyatakan bahwa saat ini angka anak muda NTT yang bergerak menyongsong perubahan tergolong masih sangat sedikit. 

Kendati demikian, Laiskodat mengapresiasi beberapa anak anak muda NTT yang mulai berjuang di dunia profesional termasuk dunia entrepreneurship.

“Saya bersyukur karena saat ini ada anak anak muda yang mulai bergerak, tapi ini masih kurang. Yang ada sekarang kumpulnya lima sampai 10 orang. kita tetap jaga supaya mereka bertumbuh dengan baik. Untuk kedeoannya, kita perlu 500 ribu anak muda NTT untuk bergerak di dunia profesional. Kalau dapat 500 ribu, maka itu pasti mimpi NTT bangkit menuju sejahtera itu otomatis,” tutur Laiskodat diiringi dengan tepuk tangan meriah.

Ia juga mengungkapkan, untuk saat ini, kaum muda atau generasi milenial harus bergerak untuk mempersiapkan pasar untuk produk wirausaha sehingga mampu meningkatkan perekonomian, baik secara pribadi maupun bersama mulai dari desa. 

Laiskodat juga mencontohkan bahwa ia pernah memperkenalkan produk sambal Lu’at Amarasi ke Jepang. Kendati pada awalnya ia mengalami kesulitan karena produk tersebut belum memiliki brand, akhirnya produk tersebut pun diminati dan sampai saat ini masih dipesan Jepang karena komunikasi persuasif yang sustainable.

Selain itu, Laiskodat juga memaparkan beberapa produk unggulan NTT seperti kelor dan ikan yang ditangani BUMDes. 

Ketika ditanyai redaktur NTTBangkit.com (NBC) tentang konsep Masyarakat Ekonomi NTT dengan kaum muda sebagai penggerak, Laiskodat menyatakan bahwa Pemprov NTT tengah mengirim anak-anak muda ke luar negeri untuk mengikuti pendidikan vokasi yang mana ketika pulang, mereka akan menjadi kaum muda profesional di sektor-sektor sentral pengembangajn ekonomi.

Kita sudah mengirim puluhan anak muda ke luar negeri untuk belajar pendidikan vokasi tentang bagaimana mengelola dunia dan lingkungan sekitar menjadi sesuiatu yang berdampak ekonomi. Ke depannya kita akan berusaha untuk mengimkan anak muda dalam skala yang lebih besar secara bertahap, sehingga ketika pulangnya mereka akan menjadi profesional yang mampu bergerak secara progres menuju NTT Bangkit.” Kata Laiskodat kepada NBC.

Penulis: Emild Kadju

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 NTTBANGKIT.

Tentang Kami   |   Tim Redaksi