Jum. Okt 30th, 2020

NTT Bangkit

Media Promosi Pariwisata,Bisnis dan Investasi NTT

“Salah” Bicara Tentang Danau Kelimutu, Mawarni Salem Meminta Maaf Kepada Masyarakat NTT

3 min read

Clarita Mawarni Salem saat disematkan mahkota Putri Pariwisata Indonesia (Picture: tribunnews.com)

JAKARTA, NTTBANGKIT.com – Menyadari kekeliruannya saat memaparkan tentang destinasi wisata di NTT, Clarita Mawarni Salem yang dinobatkan menjadi Putri Pariwisata Indonesia 2019, meminta maaf kepada pemerintah dan seluruh masyarakat Nusa Tenggara Timur (NTT).

Permohonan maaf itu terkait elaborasi tentang Labuan Bajo yang disampaikannya pada malam Grand Final Pemilihan Putri Pariwisata 2019 di Studio TVRI, Jumat (6/9/2019).

Foto natural Clarita Mawarni Salem (Picture: IG @mawar.salem)

Dalam penjelasannya, Clarita mengatakan bahwa Danau Tiga Warna merupakan salah satu destinasi unik di Labuan Bajo, kabupaten Manggarai Barat. Padahal, Danau Tiga Warna terletak di wilayah kabupaten Ende.

Hal ini kemudian menimbulkan polemik di kalangan warganet. Selain pujian dan ungkapan turut berbangga atas pencapaian tersebut, tidak sedikit warganet NTT yang menyisipkan catatan kritis pada kolom komentar. Ada yang mengatakan bahwa Clarita tidak pantas menjadi pemenang dalam ajang Putri Pariwisata Indonesia 2019. Ada juga yang mengatakan bahwa Clarita tidak teredukasi secara baik tentang destinasi wisata di NTT.

Ragam catatan kritis tersebut muncul karena, meskipun terpilih sebagai juara, Clarita keliru saat menjawab pertanyaan juri di menit-menit terakhir jelang penobatannya menjadi Putri Pariwisata Indonesia 2019.

Gadis yang akrab disapa Mawar itu menyebut Danau Kelimutu sebagai salah satu keunikan wisata di Labuan Bajo, selain binatang Komodo dan Pink Beach.

Clarita Mawarni Salem saat menjadi juara pertama Putri Pariwisata Indonesia 2019 (Sumber: eljohnnews.com)

Menyadari kekeliruannya itu, Clarita Mawarni Salem menyampaikan permohonan maaf kepada pemerintah dan seluruh masyarakat NTT.

“Seharusnya Danau Kelimutu, Danau Tiga Warna itu di Kabupaten Ende, bukan di Labuan Bajo. Mawar dari hati yang paling dalam memohon maaf atas hal itu,” tutur Clarita sebagaimana dilansir Pos Kupang, Sabtu (7/09/2019).

Clarita juga mengucapkan terimakasih atas dukungan  dari orangtua, keluarga, sahabat, mentor, pemerintah dan seluruh masyarakat NTT atas pencapaian yang telah diraihnya.

Diwawancara di tempat terpisah, sebelumnya Clarita mengaku sempat pesimis karena mengira nilainya kurang.

”Saya sempat pesimistis karena ajang unjuk kebolehan sebelumnya. Saya kira nilai saya kurang,” ungkap mawar sebagaiman dilansir Kompas.id, Sabtu (6/09/2019).

Setelah dikonfirmasi oleh NTTBANGKIT.com, Clarita mengatakan bahwa hal tersebut merupakan kekeliruan. Ia meminta maaf secara khusus kepada masyarakat Kabupaten Ende karena salah menyebutkan tentang letak danau Kelimutu di Labuan Bajo, dari yang seharusnya berada di Kabupaten Ende.

“Saya meminta maaf kepada masyarakat NTT, Pemprov NTT, dan secara khusus masyarakat Kabupaten Ende karena keliru. Semoga masyarakat NTT bisa tetap mendukung dan memberikan masukan kepada saya agar menjadi lebih baik kedepannya.” Tutur Clarita.

Selain itu, putri dari pasangan Germanius Salem dan Yuliana Jiwu itu pun berharap bisa menyebarkan lebih banyak citra positif mengenai pariwisata di Indonesia timur, khususnya NTT.

”Saya pernah punya pandangan buruk soal NTT saat dulu tinggal di Riau, jadi saya tahu cara pandang orang luar. Saat ini, saya mau membuktikan kepada orang di luar sana bahwa NTT itu luar biasa sekali,” jelasnya.

Ketika ditanya tentang kesiapannya mengikuti ajang Miss Tourism International yang akan diselenggarakan di Malaysia 8 November mendatang, Clarita mengatakan bahwa Ia telah siap 80 persen untuk mengikuti ajang bertaraf internasional tersebut.

Selain meraih mahkota Putri Pariwisata Indonesia 2019 dengan menyisihkan empat pesaingnya yakni wakil dari DKI Jakarta, Riau, Maluku dan Jawa Timur, dalam ajang yang sama Clarita Mawarni Salem juga meraih atribut Putri Intelegensia dan Putri Favorit. (*)

Penulis: Emild Kadju

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2019 NTTBANGKIT.

Tentang Kami   |   Tim Redaksi