Jum. Okt 30th, 2020

NTT Bangkit

Media Promosi Pariwisata,Bisnis dan Investasi NTT

Secara Regulasi, Putri Pariwisata Indonesia 2019 Mawarni Salem Tidak Salah Bicara Tentang Kelimutu

2 min read

Putri Pariwisata Indonesia 2019 Clarita Mawarni Salem saat berada di Levico Butik milik Julie Laiskodat (Sumber: Ist.)

Banyak orang mengatakan bahwa Mawar, Putri Pariwisata Indonesia 2019 salah bicara tentang Kelimutu sebagai bagian dari pariwisata Labuan Bajo. Namun, secara regulasi Mawar Benar.”

JAKARTA, NTTBANGKIT.com – Penobatan Clarita Mawarni Salem, atau akrab disapa Mawar, sang dara kelahiran tahun 2001 asal Timor Tengah Utara (TTU) menjadi Putri Pariwisata Indonesia 2019 pada malam Grand Final Pemilihan Putri Pariwisata 2019 di Studio TVRI, Jumat (6/9/2019) menuai pro-kontra di kalangan warganet NTT.

Pasalnya saat menjelaskan tentang destinasi wisata Labuan Bajo, Mawar mengatakan bahwa Danau Kelimutu adalah salah satu destinasi wisata Labuan Bajo, selain pink beach dan Komodo.

Clarita Mawarni Salem saat disematkan mahkota Putri Pariwisata Indonesia (Picture: Instagram/@kemenpar)

Hal tersebut kemudian menjadi bahan perbincangan warganet. Ada yang mengatakan bahwa Mawar tidak paham tentang letak geografis dan administrasi dari destinasi-destinasi wisata di NTT, khususnya danau Kelimutu yang berada di Kabupaten Ende.

Lantas, apakah memang Mawar salah?

Berdasarkan Perpres Nomor 32 Tahun 2018, dikatakan bahwa cakupan kawasan pariwisata Labuan Bajo Flores meliputi seluruh kabupaten yang ada di Flores. 

Pada poin E dari Pasal 2 ayat 1 termaktub bahwa cakupan kawasan pariwisata Labuan Bajo Flores meliputi kawasan pengembangan Pariwisata Nasional Ende-Kelimutu dan sekitarnya.

Bila mendasarkan argumen pada regulasi, artinya bahwa apa yang disampaikan oleh Mawar tentang danau Kelimutu sebagai salah satu objek wisata Labuan Bajo adalah benar.

Terlepas dari benar-salahnya, banyak juga warganet yang mengapresiasi penampilan Mawar hingga dinobatkan menjadi Putri Pariwisata Indonesia 2019 yang mana ia akan mengikuti ajang Miss Tourism International yang diselenggarakan di Malaysia pada 8 November 2019 nanti.

Clarita Mawarni Salem saat bersama Julie Laiskodat (Picture: https://gardaindonesia.id )

Selain itu, Julie Laiskodat sebagai sponsor utama bagi Mawar dalam ajang Putri Pariwisata Indonesia 2019 mengatakan bahwa dengan hadirnya putri pariwisata Indonesia asal NTT, hal itu membuktikan bahwa pariwisata NTT memiliki daya tawar tingkat nasional dan internasional.

Julie juga berharap agar Mawar bisa membanggakan Indonesia secara umum dan NTT secara khusus dalam  ajang Miss Tourism International 2019 di Malaysia nanti.“Tentunya kita akan terus mem-back up Mawar hingga kancah internasional. Kita ingin menunjukkan bahwa NTT bisa memberikan sumbangsi bagi kemajuan pariwisata Indonesia. Karena pariwisata NTT memiliki daya tarik bertaraf internasional.” tutur Julie yang adalah istri dari Gubernur NTT Victor Bungtilu Laiskodat.

Penulis: Emild Kadju/NBC

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2019 NTTBANGKIT.

Tentang Kami   |   Tim Redaksi