Rab. Mar 3rd, 2021

NTT Bangkit

Media Promosi Pariwisata,Bisnis dan Investasi NTT

9 views

Mewakili NTT, Ensike Promosikan Produk Lokal NTT Di Korea Selatan

2 min read

JAKARTA, NTTBANGKIT.com – Ensike, salah satu Usaha mikro kecil menengah (UMKM) mengikuti Festival Indonesia di Seoul, Korea Selatan, yang berlangsung pada 20-22 September 2019. Ensike merupakan UMKM mitra binaan PT PLN (Persero) Wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) yang sejauh ini sudah melakukan usaha skala rumahan dengan memproduksi berbagai produk kerajinan tangan seperti aksesoris dan pakaian berbahan kain tenun ikat.

Kehadiran Ensike dalam event internasional tersebut difasilitasi oleh PLN wilayah NTT dalam koordinasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTT. 

Manajer Komunikasi PT PLN Wilayah Provinsi NTT Sulistyoadi Nikolaus, mengatakan bahwa fasilitasi yang dilakukan melalui program PLN Peduli ini berupa akomodasi, penginapan, serta pembukaan booth dalam kegiatan yang berlangsung tiga hari di Cheonggyechon Plaza, Seoul, Korea Selatan.

“Ensike merupakan salah satu UMKM binaan kami.  Di Korea Selatan, tentunya kami PLN yang memfasilitasi mulai dari keberangkatan hingga pulangnya, mereka menjual berbagai produk kreatif dan kearifan lokal khas NTT sekaligus memperkenalkan tenun ikat khas NTT. Tentunya kita berharap hal tersebut bisa menjadi magnet bagi perkembangan NTT kedepannya,” kata Nikolaus kepada nttbangkit.com via telepon, Rabu (25/09/2019).

Nikolaus mengatakan bahwa kehadiran Ensike dalam event internasional tersebut merupakan satu-satunya perwakilan dari NTT. Ia pun berharap agar Ensike bisa membawa wisatawan mancanegara untuk datang berkunjung ke NTT. 

“Untuk itu keikutsertaan Ensikei sebagai satu-satu perwakilan dari NTT ini diharapkan semakin mempopulerkan produk kerajinan tangan NTT terutama tenun ikat di kancah internasional sehingga mereka berminat untuk datang ke daerah kita,” katanya sebagaimana dilansir dari antaranews.com.

Diketahui bahwa hingga saat ini terdapat sekitar 678 mitra binaan PLN NTT yang menyebar di provinsi berbasiskan kepulauan itu.

Nikolaus pun mengatakan bahwa realisasi bantuan yang diberikan oleh PLN antara lain: modal kerja, pembinaan, pendidikan dan pelatihan maupun memfasilitasi untuk mengikuti kegiatan pameran dan promosi.

Melalui program ini, Nikolau menambahkan bahwa PLN berkomitmen untuk terus mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat NTT melalui pendampingan terhadap UKMK, dalam sinergitas dengan jargon Pemprov NTT,  yaitu NTT Bangkit melalui Masyarakat Ekonomi NTT.

“Mitra-mitra binaan ini kami bantu dana melalui program kemitraan dari PLN agar usaha ekonomi mereka bisa bertumbuh dan mampu bersaing. Selain itu, kami juga menyalurkan bantuan untuk pengkajian atau penelitian berkaitan dengan mitra binaan seperti untuk sertifikat halal, sertifikat BPOM, dan lainnya sesuai petunjuk aturan yang berlaku,” katanya.

Selain memuji progres Pemprov NTT saat ini yang tengah gencar-gencar membangun sektor-sektor ekonomi NTT yang berdampak luas seperti pariwisata,  budaya, dan kearifan lokal, Nikolaus juga berharap agar sinergitas bersama Pemprov melalui Bank NTT, elemen-elemen Pemprov lainnya, dan threshold parties bisa berjalan secara sustainable agar UMKM-UMKM di NTT pun bisa menjadi motor penggerak ekonomi NTT. (*)

Penulis: Emild Kadju

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 NTTBANGKIT.

Tentang Kami   |   Tim Redaksi