Sel. Des 1st, 2020

NTT Bangkit

Media Promosi Pariwisata,Bisnis dan Investasi NTT

Tanggapi Demonstrasi Yang Terjadi Saat Ini, Gubernur NTT Imbau Masyarakat NTT Menempuh Jalur Konstitusional

2 min read

Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat (Picture: Ist.)

KUPANG, NTTBANGKIT.com – Dalam acara pernyataan sikap bersama mendukung Presiden-Wakil Presiden Indonesia terpilih periode 2019-2024 Joko Widodo-Ma`ruf Amin di Halaman Kantor Gubernur NTT di Kupang pada Jumat (27/09/2019), Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Bungtilu Laiskodat menghimbau agar semua pihak dan elemen yang ada di NTT menyampaikan pendapat dan aspirasi terkait kondisi politik di Tanah Air saat ini melalui jalur-jalur konstitusional.

“Kita mempunyai jalur konstitusional yang disediakan negara, karena itu gunakanlah untuk menyampaikan aspirasi,” tutur Laiskodat.

Laiskodat mengatakan hal tersebut guna menyikapi kondisi politik di Tanah Air akhir-akhir ini yang diwarnai dengan aksi unjuk rasa mahasiswa di berbagai daerah termasuk di NTT.

Laiskodat juga mengatakan bahwa ia sedih ketika ada mahasiswa yang harus meregang nyawa. Seharusnya hal tersebut tidak terjadi bila menempuh jalur konstitusi.

Selain itu, Laiskodat juga menolak setiap gerakan yang menunggangi aksi demonstrasi mahasiswa untuk kepentingan menjatuhkan pemerintahan yang sah saat ini.

“Kita ada jalur aspirasi lewat DPR, kalau tidak selesai maka ada jalur hukum, semua tersedia di NKRI yang menjadikan hukum sebagai panglima. Karena itu kita tidak boleh bergerak di luar ketentuan konstitusi dan kehadiran kita semua pada kesempatan ini mengingatkan mereka yang coba-coba bergerak di luar konstitusi republik ini,” tegasnya.

Laiskodat juga menyatakan bahwa acara pernyataan sikap bersama semua elemen tersebut merupakan bentuk dukungan moral terhadap pemerintahan di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi.

“Ini untuk memberikan dorongan kepada kita semua bahwa bangsa ini masih membutuhkan banyak kemajuan, sehingga tidak boleh ada gerakan yang menghancurkan sendi kehidupan berbangsa dengan cara tidak bermoral,” tegasnya.

Acara pernyataan tersebut dilakukan Gubernur bersama para bupati/wakil bupati, pimpinan TNI-Polri di NTT, pemimpin lintas agama, pimpinan perguruan tinggi, serta semua aparatur sipil negara (ASN) lingkup pemerintah provinsi.

Dalam acara tersebut, Laiskodat juga menolak segala bentuk delegitimasi kepada Presiden Jokowi.“Setiap warga bangsa boleh menyampaikan pendapat di muka umum, tetapi apabila ada kelompok-kelompok tertentu yang berniat menghancurkan, menurunkan Presiden Republik Indonesia sebagai pemimpin bangsa, maka dari NTT, kami memberikan pesan, kami memberikan pesan bahwa Presiden yang tidak pernah punya kesalahan apa pun, tidak mempunyai kesalahan apa pun, bahkan berjasa luar biasa, jadi jangan pernah ada yang coba-coba. Jangan pernah ada yang coba-coba,” tegas Laiskodat. (*)

Penulis: Emild Kadju

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2019 NTTBANGKIT.

Tentang Kami   |   Tim Redaksi