Sel. Des 1st, 2020

NTT Bangkit

Media Promosi Pariwisata,Bisnis dan Investasi NTT

Museum Komodo Siap Dibangun Pemprov Di Pulau Komodo

2 min read

“Untuk mengembangkan penelitian tentang Komodo dan berbagai hal menyangkut ekosistem yang menunjang eksistensi Komodo, Pemerintah Provinsi akan membangun museum Komodo di pulau Komodo. Museum tersebut akan menjadi pusat informasi tentang Komodo dan hal-hal lainnya yang berhubungan dengan kehidupan Komodo. Tujuannya adalah untuk mencegah komodo dari kepunahan fungsional, seperti apa yang terjadi dengan koala.”

KUPANG, NTTBANGKIT.com | Dalam rangka mendesain pusat wisata dan penelitian terkait sejarah keberadaan habitat komodo, Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) akan membangun sebuah museum ilmiah di Pulau Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT. 

Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi NTT, Marius Jelamu pada Rabu (02/10/2019) lalu mengatakan bahwa pembangunan museum tersebut merupakan bagian dari desain pemerintah untuk menata Pulau Komodo sebagai kawasan terkonservasi, mengingat Pulau Komodo tidak akan ditutup. 

Museum yang akan dibangun tersebut nantinya berisikan berbagai ragam informasi terkait dengan komodo, mulai dari sejarah dan perkembangbiakan komodo sampai saat ini. 

“Museum Komodo akan dilengkapi fasilitas audiovisual tentang proses pengembang biakan Komodo agar wisatawan memiliki pemahaman tentang komodo sebelum melihat secara langsung komodo di alam bebas, karena tidak semua wisatawan memahami tentang proses komodo berkembang biak,” tegas Jelamu. 

“Nantinya, Museum Komodo, selain sebagai tempat wisata juga menjadi tempat penelitian para ahli tentang komodo,” tutur Jelamu. 

Berbagai hasil riset tentang komodo maupun riset tentang keragaman hayatinya akan tersedia lengkap dalam Museum Komodo. Para peneliti bisa mendapatkan beragam informasi untuk penelitian tentang komodo di museum yang segera dibangun oleh pemerintah di pulau tersebut.

Mantan Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif NTT ini mengatakan bahwa museum Komodo juga nantinya akan dilengkapi dengan berbagai informasi tentang ekosistem dan keragaman hayati yang tersebar di Pulau Komodo serta berbagai dokumen ilmiah tentang sejarah Komodo hingga destinasi wisata internasional itu ditetapkan sebagai “new seven wondered of nature” atau salah satu dari tujuh keajaiban baru di dunia.

Melalui design ini, segala sesuatu menyangkut kehidupan Komodo akan diketahui oleh para pengunjung sehingga hal-hal yang mengancam eksistensi komodo bisa dihindari. Selain itu, keberadaan museum ini diharapkan bisa mencegah komodo dari kepunahan fungsional seperti yang dialami oleh Koala di Australia dan berbagai belahan dunia. (*)

Penulis: Emild Kadju

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2019 NTTBANGKIT.

Tentang Kami   |   Tim Redaksi