Rab. Mar 3rd, 2021

NTT Bangkit

Media Promosi Pariwisata,Bisnis dan Investasi NTT

6 views

Pesta Laut Pemana Dukung Pariwisata Sebagai Sektor Unggulan NTT

2 min read

Warga Pulau Pemana, Kecamatan Alok, Kabupaten Sikka sedang mengikuti Pesta Laut, beberapa waktu lalu. (Foto: Pos Kupang)

KUPANG, NTTBANGKIT.COM,-Pemerintah Provinsi NTT telah menetapkan pariwisata sebagai sektor unggulan NTT. Dengan ditetapkan pariwisata sebagai sektor unggulan, maka pemerintah optmis sektor lainnya pun akan berkembang seiring pembangunan pariwisata yang tengah digalakan.

Komitmen tersebut, sedang dicanangkan Gubernur dan Wakil Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat -Josef A. Nae Soi. Keduanya, saat ini melalui dinas pariwisata dan kebudayaan tengah giat bekerja mengcover destinasi-destinasi wisata terbaru yang kolaboratif.

“Dari hasil selektif tersebut, diharapkan hingga tahun 2020 telah ada 14 destinasi wisata baru yang akan dikembangkan. Keempat belas (14) destinasi tersebut termasuk di Maumere, Kabupaten Sikka,” kata Paulus, Kasubag Program Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Propinsi NTT dalam acara Pesta Laut Pemana yang digelar di Pulau Anano atau Pulau Kambing 16 oktober 2019 lalu.

Dikatakan Paulus, Gubernur NTT sangat mendukung setiap festival termasuk Festifal Laut Pemana  yang harus diadakan setiap tahun. Namun hal yang perlu diperhatikan ke depan agar waktu kegiatan tepat waktu, sehingga pesertanya harus banyak dan fasilitasnya berstandar maka even tersebut diajukan menjadi even propinsi. Dan bahkan bisa diajukan ke kementerian untuk ditetapkan menjadi even berskala nasional.

“Ke depan dinas pariwisata bersama tim juga akan mengembangkan pariwisata berbasis masyarakat yang adalah pariwisata pertisipatif masyarakat harus menjadi pelaku utama masyarakat harus terlibat penuh. Sehingga, masyarakat benar mengerti dan secara langsung tahu dampak dari kegiatan tersebut,” ujar Paulus.

Untuk di tahun 2020, lanjut Paulus, akan ada digitalisasi literasi destinasi untuk setiap destinisasi wisata yang dominan di daerah tersebut. Setiap destinasi yang dominan akan diliterasikan secara digital.

“Hal ini sangat penting dan bertujuan untuk masyarakat atau wisatawan tidak buta atau melek terhadap destinasi wisata yang akan dikunjungi,” katanya. (Arnoldlakweling/kontributor NBC Sikka)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 NTTBANGKIT.

Tentang Kami   |   Tim Redaksi