Jum. Jan 15th, 2021

NTT Bangkit

Media Promosi Pariwisata,Bisnis dan Investasi NTT

Pegang Otoritas Pengelolaan TNK, Pemprov NTT Bawa Brand Komodo ke WTM London

1 min read

Saat NTT membawa brand komodo ke WTM di London, Inggris (Image: genpi-ntt)

KUPANG, NTTBANGKIT.com – Pemerintah Daerah Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Badan Otorita Pariwisata Labuan Bajo Flores (BOPLBF) mengikuti perhelatan bergengsi World Travel Market (WTM) London ke-40 di London, Inggris.

WTM yang berlangsung dari tanggal 4-6 November 2019 tersebut, dijadikan momentum oleh Pemerintah Provinsi NTT dan BOPLBF untuk mempromosikan Pariwisata Labuan Bajo, Pulau Flores, dan Provinsi NTT kepada dunia internasional.

Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat mengatakan bahwa hewan Komodo tetap menjadi branding utama pariwisata NTT di ajang WTM London 2019. 

Keberadaan Komodo sebagai hewan endemik dunia selalu menjadi daya tarik utama bagi pariwisata NTT untuk mendatangkan wisatawan baik lokal, domestik maupun mancanegara. 

Dari Wacana Penutupan Pulau komodo Hingga Kesepakatan Pendapatan Untuk NTT

Sejak Gubernur Viktor mengambil sikap tegas untuk menutup Pulau Komodo, berbagai polemik bermunculan menentang kebijakan tersebut. Namun, tak satupun orang yang memahami gerakan rencana terselubung yang ada di benak sang Gubernur. 

Setelah tarik ulur lama antar Pemprov NTT dan Pemerintah Pusat, maka belum lama ini terjadilah pertemuan antara Pemprov NTT, Kementerian Pariwisata, Kementerian Koordinator Maritim, Kementerian Kehutanan di Jakarta. Pertemuan penting itu melahirkan sebuah kesepakatan yang sangat menguntungkan pemerintah dan rakyat NTT, yaitu hasil pengelolaan Pulau Komodo sebagian besar diserahkan ke Pemerintah NTT. 

Bila dulunya kewenangan pengelolaan dan pendapatan dari Taman Nasional Komodo didominasi oleh pemerintah pusat, kini Pemprov NTT memiliki kewenangan untuk mempromosikan komodo membawa nama NTT dengan sistem pembagian hasil yang menguntungkan PAD NTT. (*)

Penulis: Emild Kadju

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 NTTBANGKIT.

Tentang Kami   |   Tim Redaksi