Rab. Agu 12th, 2020

NTT Bangkit

Media Promosi Pariwisata,Bisnis dan Investasi NTT

Getarkan Dunia Internasional di London Melalui Tarian, Gubernur Laiskodat Bangga pada JDA

3 min read

Jemmy Dance Academy (JDA) berhasil memukau pengunjung dalam event internasional London World Travel Market (WTM) 2019 (Image: Dok. Pribadi)

LONDON, NTTBANGKIT.com – Jemmy Dance Academy (JDA), sebuah grup Tari Anak muda NTT berhasil memukau pengunjung dalam event internasional London World Travel Market (WTM) 2019 yang diselenggarakan pada 4-7 November 2019 di London, Inggris. Grup yang diasuh oleh Jemmy Pragina Gong (Jemmy Neolaka) tersebut mewakili NTT atas permintaan Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat.

Pada pentas hari pertama (4/11/2019), tim JDA menampilkan tarian Ledi Tuak yang mengisahkan tentang legenda di balik kebiasaan hidup masyarakat kabupaten Sabu Raijua dan Rode Ndao yang selalu mengiris tuak.

Kepada nttbangkit.com, Jemmy mengatakan bahwa selain banyak di antara pengunjung internasional yang merekam atraksi tarian mereka, banyak juga pengunjung yang meminta agar tarian tersebut diulang lagi untuk kedua kalinya.

“Entah mengapa, para penonton tiba-tiba meminta kami untuk kembali memperagakan tarian Ledi Tuak setelah baru selesai menampilkannya,” kata Jemmy.

Jemmy Pragina Gong, Ketua JDA Indonesia (Image: Dok. Pribadi)

Bahkan para pengunjung dari Taiwan,  Filipina, Korea, USA, Bolivia, Brazil,  India, dan Mesir menghampirinya usai pentas hari pertama dan bertanya tentang NTT.

Gubernur NTT yang hadir kala itu pun mengungkapkan rasa bangganya kepada JDA yang berhasil mengangkat tradisi NTT dan menceritakannya kepada dunia internasional melalui bahasa tubuh.

“Penampilan kalian luar biasa, Jem. Terimakasih sudah menggemparkan panggung World Travel Market 2019 khusus di Stand NTT dimana tari tarianmu sudah mengundang pengunjung  datang ke sini.” kata Laiskodat kepada Jemmy dan tim penari JDA yang baru selesai tampil.

Pada hari kedua, JDA menampilkan tarian Moko Nona dan hari ketiga mereka menampilkan tarian legenda Fatukopa yang pernah menggetarkan panggung nasional beberapa waktu lalu.

Gubernur NTT Viktor Laiskodat merasa bangga akan penampilan memukau dari JDA (Image: Dok. Pribadi)

Jemmy juga mengatakan bahwa tiga tarian yang diaransemen dengan sentuhan kontemporer ini bercerita tentang keindahan NTT sebagai daerah dengan budaya dan sumber daya alam serta potensi pariwisata premier yang akan memenuhi ekspektasi imajinasi orang-orang yang berkunjung ke sana.

Selain bercerita melalui tarian, Jemmy juga membagikan cerita tentang budaya NTT kepada para pengunjung yang notabenenya berasal dari berbagai negara, termasuk berbagai produk yang di-dispplay dalam stand NTT.

Jemmy Dance Academy (JDA) bersama Putri Pariwisata Indonesia Mawar Salem dalam event internasional London World Travel Market (WTM) 2019 di London (Image: Dok. Pribadi)

“Saya menceritakan kepada mereka tentang kain tenun, budaya NTT, Sophia (minuman keras asli NTT), dan destinasi-destinasi pariwisata di NTT. Mereka semua terkesan dan mengatakan bahwa ingin ke NTT,”  tutur Jemmy yang adalah lulusan Magister Seni Institute Seni Indonesia-Jogja.

Jemmy mengaku bangga karena dipercayakan ikut ambil bagian sebagai putra NTT dalam event bertaraf internasional tersebut. Ia bangga dan bahagia karena bisa saling berbagi dan saling belajar dengan negara-negara lain yang hadir pada event tersebut. 

Selain itu, Jemmy juga berterima kasih kepada semua pihak yang telah mempercayakan JDA untuk ikut dalam pameran internasional mewakili NTT dan Indonesia.

“Senang sekali telah berkontribusi membangun NTT melalui karya tari yang telah saya ciptakan ini. Terimakasih sebesar-besarnya kepada Bapak Gubernur Provinsi NTT yang dengan setia mensupport dan menyaksikan pagelaran kami. Terimakasih juga buat Kak Yonathan Hani selaku Ketua Penyelenggara beserta Tim EO yang telah mempercayakan dan membantu kami, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi NTT, Mas Handoyo dan kawan-kawan sebagai travel agent kami. Terimakasih juga untuk teman-teman Perkumpulan Mahasiswa Indonesia di London yang setia membantu kami di pagelaran dan pameran, serta semua pihak yang telah membantu kami dan tidak bisa kami sebutkan satu persatu. Tuhan Memberkati kita semua,” ungkap Jemmy.

Sementara itu Gubernur Laiskodat mengatakan bahwa berkat atraksi dari tim JDA, Stand NTT ramai dikerumuni pengunjung, bahkan banyak yang tertarik dan kemudian membeli produk-produk yang di-display.

“Kita ingin memperkenalkan budaya NTT kepada dunia. Kita tidak hanya menjual barang-barang tetapi value di baliknya. Jemmy dan kawan-kawan kali ini berhasil menceritakan dan mengisahkan kepada pengunjung tentang budaya NTT melalui bahasa tubuh mereka. Bagaikan magnet, tarian mereka bahkan mampu menghipnotis pengunjung dari berbagai negara,” tutur Laiskodat.

Laiskodat juga mengatakan bahwa dalam event ini, Stand NTT adalah satu-satunya stand yang membawa nama provinsi NTT dan Indonesia sekaligus di samping berbagai stand yang datang mewakili negaranya secara umum.  (*)

Penulis: Emild Kadju

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2019 NTTBANGKIT.

Tentang Kami   |   Tim Redaksi