Ming. Nov 29th, 2020

NTT Bangkit

Media Promosi Pariwisata,Bisnis dan Investasi NTT

Gubernur NTT Viktor Laiskodat: Pariwisata dan Budaya NTT Terbaik Sedunia

2 min read

Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat saat memberikan sambutan dalam Festival Menipo, yang digelar di halaman Lippo Plaza Kota Kupang, Kamis (14/11/2019) siang (Image: kompas.com)

KUPANG, NTTBANGKIT.com – Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Bungtilu Laiskodat, menyebut wisata di NTT dirancang untuk menjadi destinasi kelas premium.

Hal tersebut dikemukakan Laiskodat saat memberikan sambutan dalam acara puncak Festival Menipo yang digelar di halaman Lippo Plaza Kota Kupang, Kamis (14/11/2019) siang.

Gubernur NTT juga sempat mengungkapkan dalam nada senda-gurau bahwa wisatawan asing yang berkantong tipis atau miskin, tidak boleh datang dan berkunjung ke NTT.

Ia juga mengangkat tentang situs perjalanan Lonely Planet yang memberitakan bahwa NTT merupakan destinasi terbaik untuk 2020.

Penobatan sebagai destinasi terbaik se-dunia tersebut menunjukkan bahwa setiap tempat di NTT memiliki keindahan alam dan budaya yang senantiasa dan akan selalu dipenuhi wisatawan asing dari berbagai negara.

“Karena itu, wisatawan yang datang itu harus kaya. Kalau yang miskin tidak boleh datang,” arsis orang nomor satu di NTT tersebut.

Laiskodat mengaku bahwa dirinya sudah menyampaikan langsung ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) bahwa di NTT kalau wisatawan yang datang itu yang kaya saja.

“Saya sampaikan ke presiden, kalau wisatawan yang miskin, kami di NTT paling banyak begitu (miskin). Jadi kalau wisatawan miskin yang datang, kami sudah tidak mau lihat lagi,” kata Gubernur Laiskodat.

” Wisatawan yang miskin tolong dikirim ke Jakarta, Bali atau Manado. Kalau wisatawan asing yang kaya kirim saja ke NTT saja,” tambah Laiskodat.

Viktor mengatakan, wisata NTT itu premium atau yang sering disebut deluxe tourism.

Karena itu, kalau wisatawan yang berkunjung ke NTT kelas menengah ke atas.

Alam NTT yang indah lajut Viktor, menjadi kekuatan daya tarik yang harus dijaga dengan baik dan benar.

“NTT yang kecil dan indah ini, sedang kita bangun secara bersama-sama dengan menyatukan cara pandang, sehingga kita akan melihat masa depan NTT menjadi lebih baik lagi,” tutur Laiskodat. 

Ia menaruh harapan bahwa ekonomi NTT lewat program utama Pemerintah NTT bahwa pariwisata menjadi unggulan tidak mungkin bisa berhasil bila BBKSDA tidak bergerak bersama Pemerintah Provinsi dan merubah mindset pariwisata jalan satu-satunya jalan keselamatan dalam membangun ekosistem dan alam budaya di NTT. (*)

Penulis: Emild Kadju

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2019 NTTBANGKIT.

Tentang Kami   |   Tim Redaksi