Kam. Apr 15th, 2021

NTT Bangkit

Media Promosi Pariwisata,Bisnis dan Investasi NTT

Tingkatkan Ratio Elektrifikasi, Kementerian ESDM Targetkan NTT Gunakan PLTS Roof Top

2 min read

Ilustrasi: Model PLTS Roof Top (image: jawapos.com)

KUPANG, NTTBANGKIT.com – Dalam rangka meningkat Ratio Elektrifikasi di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), pemerintah pusat akan memberikan bantuan sebanyak 1.160 unit fasilitas penerangan jalan umum (PJU) tenaga surya kepada provinsi berbasis kepulauan tersebut.

 Hal ini diungkapkan oleh Kepala Bidang Energi Baru Terbarukan, Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi NTT, Paulus Kedang.

“Bantuan  PJU tenaga surya itu untuk tahun 2019 ini yang sebagian besar fokus untuk daerah perbatasan dengan negara tetangga kita Timor Leste,” katanya di Kupang, Senin (25/11/2019) sebagaimana dilansir dari antaranews.com.

Bantuan tersebut, kata Paulus ditujukan untuk sejumlah kabupaten seperti Belu 600 unit, Timor Tengah Selatan 105 unit, Timor Tengah Selatan 100 unit, Malaka 18 unit, Sumba Tengah 200 unit, Sumba Barat 65 unit, dan Manggarai Barat 20 unit.

“Jadi dominannya di wilayah perbatasan negara agar warga di sana bisa menikmati penerangan lebih baik sama seperti daerah lain di NTT maupun di negara tetangga,” tutur Paulus sebagaimana dikutip dari antaranews.com.

Ia mengatakan juga bahwa dari ribuan unit PJU tenaga surya tersebut, sebagian besar sudah terpasang di beberapa wilayah dan lainnya sementara dipasang yang mana ditargetkan tuntas pada akhir 2019.

Selain PJU tenaga surya, pihak kementerian ESDM juga akan mengimplementasikan memprogramkan penerangan roof top atau di atap rumah yang mana akan mulai disalurkan untuk NTT pada tahun 2020 mendatang.

“Fokus pertamanya di kantor-kantor pemerintah untuk dipasang roof top tenaga surya, dan selanjutnya kantor-kantor lain agar suatu saat semua bisa menggunakan penerangan dari energi baru terbarukan tenaga surya,” katanya.

Upaya ini dilakukan sebagai gerakan pemerintah dalam mengurangi pemakaian energi fosil yang terus berkurang dan sewaktu-waktu akan habis terpakai.

Selain itu paulus mengatakan bahwa Kementerian ESDM menargetkan NTT sebagai wilayah dengan pemanfaatan listrik dari sumber energi matahari karena NTT memiliki potensi tenaga surya yang mumpuni untuk menunjang Ratio Elektrifikasi NTT. (*)

Penulis: Emild Kadju

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 NTTBANGKIT.

Tentang Kami   |   Tim Redaksi