Jum. Des 4th, 2020

NTT Bangkit

Media Promosi Pariwisata,Bisnis dan Investasi NTT

Program Kampung Cendana Diluncurkan Di Kupang

2 min read

KUPANG, NTTBANGKIT.com – Kampung Cendana diluncurkan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) di desa Bolok, Kabupaten Kupang.

Peluncuran tersebut bertepatan dengan acara puncak gerakan nasional pemulihan daerah aliran sungai (DAS) tingkat provinsi NTT tahun 2019.

Dilansir dari antaranews.com, Kepala Dinas KLHK NTT Fredik J Kapitan kepada wartawan di Kupang, Selasa (26/11/2019) mengatakan bahwa bertepatan dengan launching kampung cendana itu pihaknya menanam kurang lebih 500 anakan pohon cendana di desa itu.

“Hari ini bertepatan dengan launching kampung cendana ini, kita tanam kurang lebih 500 anakan pohon cendana,” katanya usai dilakukan acara penanam Cendana serentak sebagaimana dilansir dari antaranews.com.

Diketahui bahwa acara penanaman serentak tersebut juga dihadiri oleh gubernur NTT Viktor B Laiskodat, Dirjen Pengendalian DAS dan hutan lindung KLHK Hudoyo dan sejumlah Forkompimda lainnya.

Fredik menjelaskan bahwa dari 500 cendana yang ditanam itu, 100 anakan ditanam di salah satu lahan yang sudah disiapkan oleh pemerintah setempat, dan sisanya yakni 400 anakan ditanam di masing-masing rumah warga

Melalui program ini ia berharap agar kelak masyarakat NTT akan mempunyai banyak pohon cendana yang ditanam oleh warga di rumahnya masing-masing.

“Jadi kalau kita ke sini (Desa Bolok) kita akan melihat banyak rumah yang sudah memiliki pohon cendana,” tutur Fredik dilansir dari antaranews.com.

Ia juga mengatakan bahwa Pemerintah NTT sendiri sudah sejak lama menggaungkan untuk kembali membudidayakan tanaman yang wangi yang menjadi ciri khas hasil alam di NTT itu.

Sejauh ini pemerintah provinsi NTT terus menyosialisasikan pentingnya menanam tanaman tersebut karena memang kata dia cendana itu bisa memberikan manfaat bagi kehidupan anak cucu masyarakat di NTT.

Sementara itu Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat yang hadir pada acara tersebut mengatakan bahwa cendana merupakan salah satu jenis kayu elit yang merupakan ciri khas NTT. Selain punya harga yang tinggi di pasaran, Cendana juga adalah identitas NTT.

“Cendana itu identitas kita. Dulu cendana kita begitu banyak, tetapi sekarang sangat jauh berkurang. Kita ingin kembali membudidayakan cendana. Selain karena harganya yang relatif tinggi di pasaran, cendana juga adalah jati diri NTT. (*)

Penulis: Emild Kadju

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2019 NTTBANGKIT.

Tentang Kami   |   Tim Redaksi