Sab. Jan 16th, 2021

NTT Bangkit

Media Promosi Pariwisata,Bisnis dan Investasi NTT

Gubernur Laiskodat Geram Terhadap Pembalakan Liar Hutan Lindung di NTT

1 min read

Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat saat diwawancarai media (Image: liputan6.com)

KUPANG, NTTBANGKIT.com –   Permasalahan illegal logging atau pembalakan liar yang bermuara pada  kerusakan ekosistem dan dampak sekunder lainnya merupakan salah satu permasalahan krusial yang melanda Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Hal ini kemudian membuat Gubernur NTT, Viktor Laiskodat meminta aparat keamanan untuk menindak tegas pelaku pembalakan liar.

Gubernur Laiskodat  bahkan mengancam memotong tangan pelaku, bila ia sendiri yang menangkap pelakunya. Tentu saja, ancaman ini tak bakal dilakukan. Ancaman potong tangan, secara semiotik merupakan cara untuk mengungkapkan betapa Laiskodat sangat mengutuk perbuatan tersebut.

“Saya minta aparat tindak tegas, kalau gubernurnya yang dapat pasti potong tangannya,” tutur Laiskodat kepada wartawan saat peluncuran Kampung Cendana, Rabu (27/11/2019) sebagaimana dilansir dari liputan6.com.

Di samping itu Laiskodat juga mengakui bahwa kasus pembalakan liar sangat berkaitan erat dengan kondisi sosial dan ekonomi masyarakat sekitar hutan lindung. Oleh karena itu, salah satu cara untuk meminimalisir pembalakan liar menurut Laiskodat ialah membangun kesadaran dan kesejahteraan warga.

“Di seluruh dunia kalau tidak ada kesadaran masyarakat dan masyarakat tidak dibangun ekonominya secara baik, maka dia akan merambat, itu teori dasar,” kata Laiskodat. Tentunya ekonomi di sekitar wilayah hutan harus dikembangkan baik di sektor pertanian, peternakan dan perkebunan sebagai bentuk koordinasi menjaga hutan menjadi lestari. Perlu juga kesadaran pemerintah sebagai pelaksana dan pengawas menjalankan undang-undang untuk menekan angka pembalakan liar. (Emild kadju)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 NTTBANGKIT.

Tentang Kami   |   Tim Redaksi