Kam. Apr 15th, 2021

NTT Bangkit

Media Promosi Pariwisata,Bisnis dan Investasi NTT

El Tari, Komodo, Tambolaka dan Frans Seda, 4 Bandara Teramai di NTT 2019

2 min read

Para penumpang Pesawat Batik AIr saat tiba di Bandara El Tari Kupang NTT (Foto:NBC)

KUPANG, NTTBANGKIT.COM,-Kemajuan sarana transportasi udara NTT makin hari makin meningkat dan cenderung terus berkembang. Masuknya berbagai maskapai penerbangan ke NTT, membuat NTT menjadi daerah yang paling ramai dikunjungi berbagai orang. Dimana bandara menjadi landasan strategis mendaratnya pesawat yang membawa ribuan penumpang setiap hari.

Untuk itu, Pemerintah NTT dan Pemerintah Pusat terus memperbaiki dan terus membangun fasilitas bandara untuk memperlancar dan mempercepat pelayanan jasa angkutan udara untuk kemajuan NTT. Ada kurang lebih 15 bandara yang kini menjadi landasan mendaratnya pesawat yang tingkat keramaiannya semakin hari semakin bertambah seiring datang dan perginya manusia ke NTT.

Badan Pusat Statistik (BPS) NTT, dalam rilisnya bulan November 2019, menyebutkan bahwa pada bulan Oktober 2019, ada empat (4) bandara sipil di NTT yang memiliki jumlah penumpang datang dan berangkat terbanyak. Keempat bandara itu adalah Bandara El Tari di Kota Kupang sebesar 47,27 persen, Bandara Komodo di Manggarai Barat sebesar 20,82 persen, Bandara Tambolaka di Sumba Barat Daya sebesar 5,65 persen, dan Bandara Frans Seda di Sikka sebesar 5,19 persen.

Pada umumnya, tamu datang dan pergi ke NTT dengan menggunakan jasa angkutan pesawat terbang. Jumlah penumpang angkutan udara yang tiba di NTT pada bulan Juni 2019 lalu sebesar 165.839 orang. Sedangkan, penumpang yang berangkat berjumlah 157.685 orang.

“Saat ini kita memiliki 15 bandar udara. Arus transportasi udara sudah sangat lancar dengan masuknya berbagai maskapai, termasuk dibukanya jalur penerbangan Kupang-Darwin-Timor Leste. Kita akan membangun juga bandara baru, seperti di Sabu Raijua. Kita terus membenahi fasilitas bandara, dan juga membangun jalan provinsi yang masih 1.600 an Km rusak dan rusak berat. Kita terus membangun jaringan listrik bersama PLN yang hampir tuntas. Kendala kita adalah anggaran, dan kita terus berupaya.

Dengan menjadikan sektor pariwisata sebagai Prime Mover, kata Nae soi, Pemerintah NTT yakin pembangunan di berbagai sektor ke depan akan makin baik. (korneliusmoanita/NBC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 NTTBANGKIT.

Tentang Kami   |   Tim Redaksi