Sel. Des 1st, 2020

NTT Bangkit

Media Promosi Pariwisata,Bisnis dan Investasi NTT

Kembangkan Garam Industri, Gubernur Laiskodat Siapkan 700 Hektar Lahan

1 min read

Gubernur Viktor saat memberikan sambutan dalam Workshop Implementasi Penegakan Kode Etik Badan Pemeriksa Keuangan di Hotel Sotis Kupang, Jumat (13/12/2019).

KUPANG, NTTBANGKIT.com – Dalam sambutannya pada workshop Implementasi Penegakan Kode Etik BPK di Kupang, Jumat (13/12/2019), Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Viktor Bungtilu Laiskodat akan menyiapkan lahan seluas 700 hektar untuk pengembangan garam pada 2020.

Dalam kegiatan workshop yang dihadiri 23 entitas pengelola keuangan daerah se-NTT di antaranya pemerintah provinsi, para bupati/wakil bupati, maupun pejabat perwakilan dari 22 kabupaten/kota serta pegawai pemeriksa dari BPK tersebut, Laiskodat mengatakan bahwa garam NTT bisa menembus pasar nasional bahkan internasional.

“NTT mulai bergerak untuk pengembangan garam, tahun depan kami siapkan 700 hektare lahan untuk garam,” katanya dilansir dari antaranews.com.

Gubernur juga sempat memberikan gambaran tentang progres pengembangan garam tatkala menyampaikan kondisi perkembangan pembangunan di NTT saat ini.

Pengembangan garam, kata Laiskodat, merupakan bagian dari fokus utama Pemprov NTT di bawah pemerintahannya karena hingga saat ini Indonesia masih mengimpor 3,7 juta metrik ton.

Untuk itu, lanjut dia, NTT mulai bergerak dengan menyiapkan lahan 700 hektare dan diharapkan meningkat hingga 1.000-2000 hektare pada 2022.

“Dengan begitu kita akan bisa menghasilkan garam sampai 500.000-600.000 ton dengan standar NaCl (Natrium klorida) 95 persen. Dan itu akan menjadi pertama kali di Indonesia, orang panen garam dengan standar itu. Ada juga kita punya saudara-saudara di Madura tapi 80 persen, 90 persen, sudah saya cek,” tutur Laiskodat dikutip dari antaranews.com.

Laiskodat optimistis bahwa  NTT akan mampu menghasilkan produk garam dengan standar sesuai dengan garam yang diimpor saat ini, sehingga bisa memberikan sumbangan besar bagi kebutuhan nasional. (Emild Kadju)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2019 NTTBANGKIT.

Tentang Kami   |   Tim Redaksi