Ming. Jan 24th, 2021

NTT Bangkit

Media Promosi Pariwisata,Bisnis dan Investasi NTT

Harga BBM Turun Secara Merata, Ini Harga BBM di NTT

2 min read
Ilustrasi: SPBU di Kelurahan Tuak Daun Merah (TDM) Kota Kupang (Image: tribunnews.com)

KUPANG, NTTBANGKIT.com – Harga bahan bakar minyak (BBM) jenis tertentu mengalami penurunan di seluruh wilayah Indonesia, setelah Pertamina melakukan penyesuaian harga untuk BBM jenis Pertamax , Pertamax Turbo , Pertamina Dex dan Dexlite pada Minggu (5/1/2020) dini hari.

Penyesuaian bahan bakar minyak (BBM) umum jenis bensin dan solar yang dilakukan oleh PT. Pertamina (Persero) berlandaskan pada Keputusan Menteri ESDM 187K/10/MEM/2019.

Dia Vice President Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman mengatakan, penyesuaian harga BBM ini berlaku di seluruh Indonesia.

“Penyesuaian harga BBM Umum merupakan aksi korporasi yang mengacu pada ketentuan yang berlaku yang ditetapkan oleh pemerintah,” ungkap Fajriyah sebagaimana dilansir dari laman resmi Pertamina (pertamina.com).

Fajriyah juga mengatakan bahwa pihaknya tengah membangun komunikasi dengan beberapa instansi terkait untuk memastikan pelayanan kepada masyarakat, khususnya menyangkut harga BBM bisa terejawantahkan secara menyeluruh dan merata.

“Kami telah berkoordinasi dengan instansi terkait dan memastikan pelayanan kepada masyarakat terus berjalan dengan baik, terutama pelanggan setia produk-produk unggulan Pertamina,” tambah Fajriyah..

Kendati BBM mengalami penurunan harga, Fajriyah mengatakan bahwa harga baru di masing-masing daerah bisa berbeda-beda karena dipengaruhi oleh perbedaan besaran Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB) di masing-masing daerah yang berbeda-beda.

Secara umum, harga BBM jenis Pertamax turun dari harga semula Rp 9.850 menjadi Rp 9.200 per liter. Kemudian Pertamax Turbo turun dari Harga semula Rp 11.200 menjadi Rp 9.900 per liter.

Pertamina Dex turun dari Harga semula Rp 11.700 menjadi Rp 10.200 per liter. Sedangkan Dexlite turun dari Harga semula Rp 10.200 menjadi Rp 9.500 per liter.

Melansir laman resmi Pertamina.com, diketahui bahwa Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) mengalami penurunan harga BBM dengan harga yang hampir sama dengan penyesuaian harga BBM secara umum. Berikut harga BBM di NTT sesudah penyesuaian:

Pertalite = 7.650 

Pertamax = 9.200

Pertamax Turbo = 9.900

Pertamina Dex = 10.200

Solar Non-subsidi = 9.300

Dengan menurunnya harga BBM di tengah naiknya harga minyak dunia, banyak orang kemudian mengatakan bahwa pemerintah RI, khususnya Kementerian BUMN dan PT Pertamina bekerja secara baik. (*)

Penulis: Emild Kadju

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 NTTBANGKIT.

Tentang Kami   |   Tim Redaksi