Sen. Okt 26th, 2020

NTT Bangkit

Media Promosi Pariwisata,Bisnis dan Investasi NTT

Cantiknya Pulau Ikan Paus di Ujung Pulau Flores

2 min read

Pulau Lembata, salah satu destinasi indah dan menarik di Pulau Flores, NTT. (Foto:antaranews.com)

Para nelayan dan warga Kampung Lamalera Lembata sedang memotong ikan Paus hasil tangkapan. (*)

NTTBANGKIT.COM,- Lembata adalah sebuah pulau yang terletak di ujung Pulau Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Pulau yang terkenal dengan kampung Ikan Paus ini memiliki keindahan alamyang cantik alami mempesona setiap orang yang datang. Pulau kecil dengan gunung Api Ile Ape yang sudah terkenal bagi para pendaki gunung ini memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Di Pulau Lembata ada hamparan Pantai Waijarang dengan Kuma Resortnya yang indah, ada Taman Doa Bukit Cinta serta tradisi penangkapan Ikan Paus di Lamalera. Pulau Siput dan obyek wisata Alam Gunung berapi Batutara yang masuk nominasi nasional menjadi deretan potensi-potensi wisata yang ada di Pulau Lembata.

Semenjak dipimpin Bupati Eliazer Yantje Sunur, sejumlah obyek alam ‘disulap’ menjadi destinasi wisata yang memiliki daya tarik tinggi. Wajah Lembata yang dulu tidak tertata indah, kini makin lebih cantik dan eksotik. Sektor penunjang seperti rumah makan, home stay, dan perhotelan pun terus tumbuh untuk memanjakan para tamu merasa nyaman dan betah.

Di sana ada Hotel Palem Indah yang sudah cukup layak meski bukan hotel berbintang. Orang Muda Lembata, Poli Leumayang kepada media turut memberikan apresiasi positifnya terhadap kemajuan pariwisata Lembata saat ini.

Lembata kini berubah pesat dan makin cantik dengan objek pariwisatanya. Banyak obyek alam baik di pantai maupun di gunung kini dijadikan destinasi wisata. Masyarakat pun diberdayakan oleh pemerintah, sehingga partisipasi warga sangat terlihat.

Hadirnya wisawatan di Lembata tentunya memacu pertumbuhan ekonomi daerah. Selain memberikan keuntungan bagi daerah dan sektor swasta, juga meningkatkan ekonomi rakyat. Warga setempat sangat memanfaatkan peluang tersebut dengan menjual berbagai kebutuhan para tamu. Selain cenderamata, mereka juga menjual makanan lokal, seperti ketupat, keleso, ikan bakar, kuah asam untuk para tamu.

Panorama ini dapat anda jumpai di perjalanan trans Lewoleba-Kedang meski kondisi jalannya harus segera diperbaiki. Meski begitu, warga berharap sarana infrastruktur, sarana obyek-obyek wisata tetah harus terus dibenahi dan dibangun agar setiap orang yang datang makin cinta Lembata karena keamanan dan kelancaran transportasi.

Letak Pulau Lembata dipisahkan oleh lautan biru. Ia berada paling ujung dari Pulau Flores, setelah Kabupaten Flores Timur yang dahulu menjadi kabupaten induk (sebelum pemekaran. Lembata juga berdekatan dengan Pulau Alor yang hanya dipisahkan oleh lautan biru. Dari Flores Timur maupun dari Pulau Alor kapal motor, Fery dan perahu menjadi transportasi utama, selain kapal besar milik Pelni. (RBT/Korneliusmoanita/NBC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2019 NTTBANGKIT.

Tentang Kami   |   Tim Redaksi