Sen. Okt 26th, 2020

NTT Bangkit

Media Promosi Pariwisata,Bisnis dan Investasi NTT

Gubernur NTT Paparkan Desain Miras Sophia Berkualitas Tinggi dengan Pasar Internasional

2 min read

Sophia, Miras Khas NTT (Image: kumparan.com)

Gubernur NTT Paparkan Desain Miras Sophia Berkualitas Tinggi dengan Pasar Internasional

NTTBANGKIT.com, KUPANG — Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Bungtilu Laiskodat, dalam dialog Pemerintah Provinsi NTT dengan pimpinan lembaga keagamaan se-NTT, yang digelar di Kupang, Selasa (25/2/2020), menyoal tentang operasionalisasi minuman keras lokal NTT yaitu Sophia.

Politisi partai Nasdem ini juga mengatakan bahwa minuman keras Sophia akan dijual dan dipajang di sejumlah bandar udara yang ada di NTT, dan salah satu diantaranya adalah Bandar Udara Komodo Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat.

Selain sudah dikirim ke luar daerah yaitu pulau Jawa, Laiskodat jugar mengatakan bahwa saat ini Sophia sudah mulai dikirim ke Papua bahkan ke Australia.

Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laikodat, saat menjadi pembicara dalam dialog pemerintah NTT dengan pimpinan lembaga keagamaan se-NTT, yang digelar di Hotel Swis Bellin Kristal Kupang, Selasa (25/2/2020) pagi (Image: kompas.com)

Minuman Sophia juga akan diproduksi melalui kerja sama antara salah satu unit usaha di Badan Layanan Umum (BLU) Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang, dengan salah satu perusahaan lokal di NTT.

Desain Kualitas dan Membaca Pangsa pasar

Dalam pertemuan tersebut juga, Gubernur mengatakan bahwa pihaknya tengah menyiapkan mesin khusus untuk memproduksi miras Sophia dengan standar internasional untuk menghasilkan Sophia yang berkualitas Internasional.

Ia juga menambahkan bahwa satu-satunya produksi minuman lokal beralkohol di Indonesia yang punya izin yang lengkap termasuk izin edar, hanya Sophia dari NTT.

“Izin produksinya sudah keluar. Ini kerjanya bertahap, karena belum ada lagi izin di Indonesia tentang alkohol, khususnya berbahan lokal. Itu sudah tidak ada lagi dan tidak pernah dikeluarkan lagi. Memang kemarin kita agak lambat, karena saya masih minta izin. Sekarang semuanya sudah beres,” kata Laiskodat.

Soal kualitas, Laiskodat juga mengatakan bahwa miras Sophia khas NTT saat ini memiliki kualitas yang sangat bagus dengan standar yang tinggi.

“Minuman kita ini sudah top. Saya ini peminum, jadi sudah tahu Sophia ini bagus. Kita melahirkan ini produk terbaik yang sudah tidak ada lawan lagi. Jadi sekarang ini saya hanya minum Sophia saja,” kata Laiskodat.

Laiskodat bahkan memiliki ekspektasi bahwa Sophia akan menyaingi minuman keras cap tikus dari Manado, Sulawesi Utara.

Miras cap tikus dari Manado, Sulawesi Utara (Image: keepo.me)

Ia juga mengatakan bahwa harga Sophia akan berkisar dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah, dan harga ini layak mengingat proses pembuatannya yang melalui standar internasional.

“Kita akan tentukan harga Sophia yang paling murah dengan standar biasa yang belum dicampur itu Rp 30.000 dan paling tinggi Rp 1,5 juta. Itulah yang terbaik,” jelas Laiskodat. Hingga saat ini, Miras Sophia hanya dijual di Toko NAM, yang terletak di Jalan Siliwangi Kampung Solor, Kecamatan Kota Lama, Kota Kupang dengan harga per botol Sophia Rp 750.000 untuk ukurannya 750 mililiter. (Emild Kadju)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2019 NTTBANGKIT.

Tentang Kami   |   Tim Redaksi