Jum. Okt 22nd, 2021

NTT Bangkit

Media Promosi Pariwisata,Bisnis dan Investasi NTT

Festival Titi Kenari di Alor Akan Libatkan 12 Ribu Siswa Se NTT

2 min read

Kepala Dinas Pendidikan, Kebudayaan dan Olahraga (DPKO) Kabupaten Alor, Drs. Alberth Owpolly (NTTbangkitf.com dok)

KALABAHI, NTTBANGKIT.COM,-Pemerintah Kabupaten Alor akan menggelar Festival Titi Kenari yang melibatkan 12 ribu siswa dari seluruh NTT. Menurut rencana, festival ini akan digelar di Kalabahi pada bulan September 2020 bertepatan dengan Hari Aksara Nasional yang juga akan digelar di Alor.

“Kita akan menggelar Festival Titi Kenari pada September mendatang. Festival ini akan diikuti oleh 12 ribu siswa se NTT, dan sekaligus menjadi festival terbesar dalam sejarah pariwisata Alor,” kata Kepala Dinas Pendidikan, Kebudayaan dan Olahraga (DPPO) Kabupaten Alor, Drs. Alberth Owpolly di ruang kerjanya, pekan lalu di Kota Kalabahi.

Dikatakan Kadis Alberth, Kabupaten Alor dari dulu sudah lengket dengan julukan ‘Nusa Kenari.’ Artinya, pohon dan buah Kenari sudah menjadi identitas Alor yang tidak boleh hilang atau mati. Dengan Festival Titi Kenari, selain menjadi ajang promosi potensi pariwisata Alor,  memecahkan rekor muri, juga merupakan ajang mengingatkan kembali bahwa ‘Nusa Kenari’ hanya ada di Alor.

Secara teknis pelaksanaan, lanjut Alberth, kegiatan ini akan dilaksanakan di Kota Kalabahi. Dimana seluruh siswa dari seluruh kabupaten dan kota di NTT akan datang ke Alor. Para siswa dari semua kabupaten yang jumlah 12 ribu akan mengikuti lomba Titi Kenari. Siswa-siswi yang hasil titiannya paling banyak akan mendapatkan juara.

“Festival Titi Kenari pertama ini, akan memecahkan rekor terbesar dalam sejarah karena melibatkan 12 ribu peserta. Tim juri yang akan hadir adalah dari Panitia Rekor Muri Nasional. Mereka akan memberikan penilaian,” katanya.

Untuk diketahui, sejak dulu kala, Pulau Alor telah dijuliki ‘Nusa Kenari.’ Pasalnya, di Pulau Alor yang berbukit dan lembah ditumbuhi begitu banyak pohon Kenari. Selain memiliki hutan Kenari yang tinggi nan lebat yang bermanfaat sebagai hutan  wisata alam, buah Kenari juga menjadi makanan pokok orang Alor. Buah kenari yang telah dipecahkan, bijinya biasa dimakan dengan jagung oleh warga dan kini telah dijadikan salah satu oleh-oleh khas Alor. (korneliusmoanita/nbc)      

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 NTTBANGKIT.

Tentang Kami   |   Tim Redaksi