Sel. Jul 7th, 2020

NTT Bangkit

Media Promosi Pariwisata,Bisnis dan Investasi NTT

Fokus Kembangkan Pariwisata dan Ekonomi Kerakyatan, Uskup Ruteng Apresiasi Gubernur NTT

2 min read
Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat saat mengunjungi Uskup Ruteng, Mgr. Siprianus Hormat

MANGGARAI, NTTBANGKIT.COM — Uskup Ruteng Mgr. Siprianus Hormat mengapresiasi upaya-upaya Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor Bungtilu Laiskodat dalam membangun NTT dengan sektor ekonomi, sosial, budaya, dan kesehatan sebagai yang utama.

Ketika Gubernur Laiskodat datang mengunjungi Uskup Ruteng, dirinya meminta dan mengharapkan agar Gereja Katolik yang notabenenya telah menjadi Garda terdepan dalam pembangunan NTT sejak masa lampau, bisa ikut menjadi mitra Pemprov NTT dalam progres pembangunan NTT.

Menanggapi hal tersebut, Mgr. Siprianus Hormat berpesan secara khusus mengenai pembangunan sektor pariwisata dan pertanian. 

Untuk sektor pariwisata, dirinya meminta agar Pemprov NTT dalam pengembangan sektor pariwisata bisa melibatkan masyarakat lokal. Selain itu, desain pariwisata perlu mempertimbangkan nilai-nilai sosial, budaya, dan kelestarian lingkungan alam. 

Untuk itu, dirinya juga mengapresiasi sikap Gubernur Laiskodat yang telah mengambil alih pengelolaan Pantai Pede di Labuan Bajo untuk dijadikan ruang terbuka yang dapat dinikmati oleh masyarakat NTT dan umum.

“Kami mendukung pengembangan pariwisata demi kesejahteraan manusia yang utuh dan terintegrasi dengan keutuhan ciptaan. Karena itu, pariwisata tidak boleh hanya berorientasi pada kesejahteraan ekonomi,” tutur Uskup Sipri kepada Gubernur Laiskodat.

Ia juga meminta kepada Gubernur Laiskodat untuk memberikan perhatian penuh pada pembangunan dan pengembangan sektor pertanian yang merupakan mata pencaharian utama masyarakat NTT sejarah dekade-dekade lalu.

Untuk itu dirinya berharap agar Gubernur Laiskodat dan tim bisa menciptakan terobosan seperti pertanian organik secara sustainable sehingga dampak ekonomi yang berkelanjutan dan ramah lingkungan bisa dicapai oleh masyarakat NTT. 

Uskup juga berharap pemerintah NTT di bawah kepemimpinan Gubernur Laiskodat bisa menyediakan sarana dan pelatihan keterampilan pengolahan pascapanen.

Selain itu, pengadaan sumber-sumber sebagai penopang utama sektor pertanian seperti sumur bor, bendungan, waduk, dan sumber-sumber lainnya perlu ditingkatkan oleh Pemprov NTT demi menunjang sektor pertanian.

Menanggapi pesan Uskup Ruteng, Gubernur Laiskodat sangat berterima kasih dan kembali meminta agar Gereja Katolik bisa bersinergi dengan Pemprov NTT dalam mewujudkan pembangunan NTT dan mewujudkan kesejahteraan masyarakat di provinsi berbasis kepulauan tersebut. (Emild Kadju)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2019 NTTBANGKIT.

Tentang Kami   |   Tim Redaksi