Rab. Agu 12th, 2020

NTT Bangkit

Media Promosi Pariwisata,Bisnis dan Investasi NTT

Lawan Covid-19, Pemprov NTT Siap Lakukan Swab Massal

1 min read
Sekretaris 1 Gugus Tugas Covid-19 Provinsi NTT drg. Dominikus Minggu Mere.

NTTBANGKIT.COM, KUPANG — Dalam rangka mengendalikan penularan Covid-19 di NTT, Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi NTT, bekerjasama dengan Forum Academia NTT dan Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang, tengah mempersiapkan tes polymerase chain reaction (PCR) secara massal dengan metode pemeriksaan laboratorium yang mana mampu mendeteksi keberadaan material genetik dari sel, bakteri, dan virus, termasuk Covid-19.

“Teman-teman, bekerjasama dengan Forum Academia NTT dan Universitas Nusa Cendana Kupang, sementara mempersiapkannya (Tes PCR, red.), ” tutur Sekretaris 1 Gugus Tugas Covid-19 Provinsi NTT drg. Dominikus Minggu Mere dan menambahkan, “Saat ini kita sedang persiapkan dengan baik.”

Ia menambahkan bahwa PCR akan dilaksanakan dengan prosedur pemeriksaan yang diawali dengan pengambilan sampel dahak, lendir, atau cairan dari nasofaring (bagian antara hidung dan tenggorokan), orofaring (bagian antara mulut dan tenggorokan), atau paru-paru pasien yang diduga terinfeksi Covid-19, dengan metode swab yang memakan waktu sekitar 15 detik.

Domi Mere juga menambahkan bahwa terkait tenaga siap pakai untuk melakukan PCR, pihaknya telah melakukan pelatihan untuk tenaga teknis biomolekuler yang dipimpin oleh Dr. Fima Inabuy.

Ia menjelaskan bahwa pelatihan tersebut sudah selesai dan telah menghasilkan tenaga kerja siap pakai untuk melakukan PCR secara massal.

Sementara itu untuk wilayah yang memiliki penyebaran melalui transmisi lokal, dirinya mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan rapid tes massal guna mengetahui pemetaan masyarakat yang reaktif sehingga bisa dilakukan pencegahan Covid-19 secara dini. 

“Kalau rapid test massal untuk wilayah yang memiliki transmisi lokal,” tutur Domi Mere. (Emild Kadju)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2019 NTTBANGKIT.

Tentang Kami   |   Tim Redaksi