Rab. Agu 12th, 2020

NTT Bangkit

Media Promosi Pariwisata,Bisnis dan Investasi NTT

Pemprov NTT Siapkan Sanksi Bagi ASN dan Masyarakat Yang Melanggar Protokol Kesehatan

1 min read
Sekda NTT, Ben Polo Maing

NTTBANGKIT.COM, KUPANG — Sekda NTT, Ben Polo Maing, mengatakan bahwa sejak Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTT memberlakukan normal pada 15 Mei 2020 lalu, terdapat sejumlah sanksi sudah disiapkan bagi ASN, baik secara lisan maupun secara tertulis jika tidak mengikuti protokol kesehatan.  

Merujuk pada SK Gubernur NTT nomor 26 Tahun 2020, bila ada ASN yang melanggar protokol kesehatan maka akan dikenai sanksi disiplin mulai dari ringan, sedang, hingga berat.

“Ada sanksi disiplin, meliputi ringan, sedang dan berat. Sanksi ini bisa diberikan secara lisan maupun tertulis, sedangkan aturan penerapannya sesuai protokol kesehatan, seperti wajib memakai masker, menjaga jarak dengan orang lain dan mencuci tangan sesering mungkin. Protap ini, juga wajib diterapkan di sektor manapun, baik rumah ibadah maupun badan usaha,” ujarnya kepada wartawan, Sabtu (11/7/2020) sebagaimana dilansir dari Kumparan.

Tidak hanya ASN, Putera asal Lembata ini juga mengatakan bahwa masih ada sanksi lain bagi masyarakat umum dan pelaku usaha seperti restoran, rumah makan, hotel, tempat perbelanjaan, kafe, warung, pertokoan, Swalayan, tempat hiburan, dan agen pariwisata, termasuk pasar tradisional bila melanggar protokol kesehatan sebagaimana dimaksudkan dalam penerapan new normal oleh otoritas pemerintah.  

Sanksi yang diberikan berupa teguran lisan maupun tertulis. Namun bila tidak diperhatikan, maka pemerintah akan melakukan tindakan yaitu dengan penyitaan kartu tanda penduduk (KTP), membubarkan kerumunan,  penutupan sementara, bahkan pencabutan izin usaha. (Emild Kadju)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2019 NTTBANGKIT.

Tentang Kami   |   Tim Redaksi