Ming. Sep 20th, 2020

NTT Bangkit

Media Promosi Pariwisata,Bisnis dan Investasi NTT

Kunjungi Desa Waturaka, Wagub Nae Soi Dukung Peningkatan Budaya Literasi Berbasis Desa

2 min read

NTTBANGKIT.COM, ENDE —¬† Dalam rangka menghadapi era industri 4.0, peningkatan dan internalisasi budaya literasi melalui aktivitas membaca dan menulis guna meningkatkan pemahaman akan ilmu pengetahuan dan informasi merupakan hal yang sangat penting.

Hal tersebut disampaikan Wakil Gubernur NTT, Josef A. Nae Soi, saat memberikan sambutan pada acara Peletakan Batu Pertama Pembangunan Perpustakaan Desa Berbasis Inklusi di Desa Waturaka Kabupaten Ende pada Selasa (11/08/2020).

Wagub Nae Soi menjabarkan bahwa dengan membaca, maka pola pikir akan terbuka akan hal-hal yang bersifat kreatif, inovatif, dan visioner.

Ketiga hal ini, menurut Nae Api sangat diperlukan untuk mendukung pembangunan berkelanjutan di Desa.

 “Maka dari itu, saya ajak kita semua untuk gemar membaca dan menulis. Bukan itu saja tetapi juga harus ada diskusi untuk bertukar pikiran,” jelas Wagub Nae Soi sebagaimana Informasi dari Humas Pemprov NTT dan menambahkan, “Ini juga adalah momentum yang luar biasa. Perpustakaan desa ini akan menjadi bukti bahwa kita juga membangun NTT dari desa. Kita bangun ini untuk anak dan cucu kita. Sebab ilmu yang kita baca tidak akan pernah mati. Kami pemprov NTT juga akan berkoordinasi dengan Pemkab Ende terkait dengan dukungan untuk memberikan buku tambahan dan sarana prasarana yang mendukung perpustakaan ini.” 

Putera Ngada ini juga menjelaskan bahwa Pemprov NTT pada tahun 2020 memiliki program untuk memberikan bantuan perpustakaan desa di tujuh lokasi destinasi yaitu Desa Uitiuh di Kabupaten Kupang, Desa Fatumnasi di Kabupaten TTS, Desa Daiama di Kabupaten Rote Ndao, Desa Wolwal di Kabupaten Alor, Desa Lamalera di Kabupaten Lembata, Desa Praimadita di Kabupaten Sumba Timur, dan Desa Waturaka di Kabupaten Ende.

Bantuan tersebut diharapkan bisa memberikan efek positif bagi masyarakat desa, khusus dalam hubungan dengan peningkatan kualitas SDM di NTT demi menunjang progres pembangunan berkelanjutan di provinsi berbasis kepulauan tersebut.

Politisi partai Golkar tersebut juga menjelaskan bahwa tujuan dari pembentukan perpustakaan tersebut adalah untuk meningkatkan dan mengembangkan pengetahuan generasi muda NTT agar lebih memahami perkembangan dunia, khususnya di bidang pariwisata dan budaya.

Sementara itu Kepala Desa Waturaka

Yosep Alexander Wawo mengungkap terimakasih kepada Presiden Jokowi yang telah memberikan bantuan 1000 buku dan 4 buah komputer.

Ia juga berterima kasih kepada pihak yang sudah berikan lahan untuk pembangunan perpustakaan tersebut. 

Mewakili masyarakat Desa Waturaka, Kades Aleks, demikian sapaan akrabnya, menuturkan  bahwa pihaknya juga sangat membutuhkan dukungan dari Pemkab Ende dan Pemprov NTT dalam hal pengadaan sarana dan prasarana lainnya untuk mendukung eksistensi perpustakaan tersebut. (Emild Kadju)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2019 NTTBANGKIT.

Tentang Kami   |   Tim Redaksi