Kam. Feb 25th, 2021

NTT Bangkit

Media Promosi Pariwisata,Bisnis dan Investasi NTT

3 views

Gubernur Laiskodat: SDM Berkualitas Dibutuhkan dalam Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi

2 min read

NTTBANGKIT.COM — Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Bungtilu Laiskodat, dalam Diskusi Peran Lembaga Jasa Keuangan dan Asosiasi Pelaku Usaha dalam rangka pemulihan ekonomi provinsi NTT pada Jumat (14/08/2020), mengatakan bahwa dibutuhkan supply chain dari berbagai sektor untuk mendukung  Pariwisata sebagai prime mover ekonomi. 

Hal ini, menurut Laiskodat juga penting dalam hubungan dengan pemulihan ekonomi NTT pada masa pandemi covid 19. 

“Provinsi ini punya masa depan terbaik. Dari Seluruh masyarakat NTT ada 60% yang berperan dalam pertanian dan peternakan. Cara berpikir bila pariwisata sebagai prime mover, maka dari itu, sektor peternakan dan pertanian serta perikanan juga harus mendukung pariwisatanya,” tutur Laiskodat sebagaimana rilis dari Humas Pemprov NTT dan menambahkan, “Lembaga Perbankan ataupun yang bukan Perbankan harus punya peranan lebih mendesain ke situ. Penyaluran dana ke masyarakat harus menopang bidang pertanian dan peternakan. Orang datang berkunjung ke tempat wisata dan budaya yang eksotis maka pasokan makanan yang disediakan di restoran juga harus dari pertanian dan peternakan serta perikanan kita. Ada suply chainnya atau rantai pasokannya.”

Putera Semau tersebut  juga mengatakan bahwa untuk memaksimalkan pengelolaan potensi daerah, dalam hal ini sumber daya bersama seperti alam dan budaya, dibutuhkan SDM yang kreatif dan inovatif. 

Itulah mengapa perubahan pola pikir merupakan hal yang sangat penting dalam grand design masyarakat ekonomi NTT.

Selain SDM yang mumpuni untuk mengelola alam NTT, dibutuhkan juga riset-riset ilmiah dan pemanfaatan teknologi tepat guna untuk mendukung pengelolaan tersebut. Salah satunya adalah bagaimana menciptakan diversifikasi produk lokal, untuk meragamkan jenis produk sesuai kebutuhan pasar.

Mantan anggota DPR RI fraksi Nasdem ini melanjutkan bahwa dirinya memiliki visi besar untuk menjadikan NTT sebagai produsen ikan Kerapu ke pasar nasional dan internasional, demi mendukung akselerasi perputaran roda perekonomian NTT, disamping Pariwisata.

 “Mimpi saya adalah NTT sebagai salah satu produsen ikan kerapu terbesar di dunia,” tutur Laiskodat.

Diketahui bahwa beberapa waktu lalu Gubernur Laiskodat telah membuka pembudidayaan ikan Kerapu di Labuan Kelambu Kabupaten Ngada dan Mulut Seribu Kabupaten Rote Ndao. 

Sementara itu Kepala OJK NTT Robert Sianitar dalam diskusi interaktif tersebut mengatakan bahwa ada beberapa sektor yang tetap bertumbuh kendati beberapa sektor lainnya tidak mengalami pertumbuhan. 

“Ada beberapa sektor yang tetap tumbuh positif dan ada yang tidak mengalami pertumbuhan,” tutur Robert.

Ia juga menjelaskan bahwa sektor yang mengalami pertumbuhan antara lain: sektor pertanian (35%), Jasa Perorangan Rumah tangga (27%), Industri Pengolahan (22%), lapangan usaha dan konsumsi (12%), jasa kesehatan dan perdagangan terus tumbuh, jasa transportasi juga tumbuh. 

Sementara itu sektor yang menurun, demikian dipaparkan Robert antara lain, pembelian kendaraan bermotor, pembelian ruko, konstruksi dan administrasi pemerintahan. (Emild Kadju)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 NTTBANGKIT.

Tentang Kami   |   Tim Redaksi