Kam. Des 3rd, 2020

NTT Bangkit

Media Promosi Pariwisata,Bisnis dan Investasi NTT

Tingkatkan Elektrifikasi di NTT, Sumba Jadi Pilot Projek EBT

2 min read
Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat

NTTBANGKIT.COM, KUPANG — Dalam rangka meningkatkan ratio elektrifikasi di Provinsi NTT, Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat tengah berupaya untuk menjadikan Pulau Sumba sebagai pusat Energi Baru Terbarukan (EBT), khususnya untuk listrik tenaga surya.

Sumba menjadi pilihan utama tempat pengembangan EBT karena merupakan daerah dengan panas sinar matahari terbaik di Indonesia.

Gubernur Laiskodat mengarsis bahwa banyak ahli EBT bahkan mengakui bahwa pulau Sumba mempunyai potensi besar sebagai pemasok kebutuhan listrik ke pulau Jawa dan Sumatera bila dimanfaatkan secara maksimal.

“Gubernur NTT berinisiatif untuk jadikan Sumba sebagai Pusat  Listrik Tenaga Surya (PLTS) untuk Indonesia. Inisiatif ini dinamakan Dari Sumba Menuju Indonesia. Dan berdasarkan riset ilmiah, Sumba layak untuk itu karena punya potensi sinar matahari terbaik di Indonesia,” ujar Marius Biro Humas dan Protokol Setda NTT, di Kupang pada Senin (5/10/2020) sebagaimana Informasi dari Humas Pemprov NTT. 

Jelamu juga mengatakan bahwa Gubernur Laiskodat pun sudah menyampaikan hal tersebut kepada Presiden Jokowi pada Kamis (1/10/2020) lalu, saat kunjungan kerja Presiden ke Labuan Bajo.

Pada tahap awal, Jelamu menjelaskan bahwa Gubernur Laiskodat berencana mengembangkan listrik tenaga surya berkekuatan 20 ribu megawatt, yang mana dapat memenuhi kebutuhan listrik di NTT, NTB, Bali dan Jawa. 

Selain itu, pembangunan PLTS akan mendatangkan multiplier efek dalam peningkatan ekonomi NTT.

Ia juga menyampaikan bahwa Gubernur Laiskodat sangat mengharapkan agar para bupati di sedaratan Sumba, Sumba Timur, Sumba Tengah, Sumba Barat dan Sumba Barat Daya bersama dengan para tokoh masyarakat dan tokoh agama bisa membangun melakukan dialog yang clear dengan masyarakat agar ketika PLTS diimplementasikan, tidak ada lagi konflik horizontal seperti permasalahan lahan dan lain sebagainya.

Salah satu lembaga yang sangat mendukung inisiatif Gubernur NTT dalam mewujudkan pengembangan PLTS di tanah Marapu tersebut adalah Prakarsa Jaringan Cerdas Indonesia (PJCI), yang beranggotakan praktisi dan akademisi yang bergerak di bidang kelistrikan.

Diketahui bahwa pada Jumat (24/09/2020) lalu,  PJCI telah melakukan audiensi dengan Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat dan secara penuh mendukung gagasan besar tersebut. 

Sementara itu Gubernur Laiskodat sendiri mengakui bahwa rencana tersebut sudah disampaikan kepada Presiden Jokowi dan Presiden pun sangat mendukung.(Emild Kadju)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2019 NTTBANGKIT.

Tentang Kami   |   Tim Redaksi