Kam. Des 3rd, 2020

NTT Bangkit

Media Promosi Pariwisata,Bisnis dan Investasi NTT

Hadiri Rakerda IWAPI, Wagub Nae Soi Tekankan Model Pembangunan Pentahelix

2 min read

NTTBANGKIT.COM, KUPANG — Wakil Gubernur NTT, Drs. Josef Nae Soi MM, dalam Rapat Kerja Daerah (Rakerda) III Dewan Pengurus Daerah Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Provinsi NTT secara virtual dilaksanakan di Ruang Rapat Gubernur pada Jumat (09/10/2020) kemarin memberikan apresiasi kepada Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Provinsi NTT atas kontribusinya bagi pembangunan di provinsi berbasis kepulauan tersebut.

“Saya memberikan apresiasi pada IWAPI karena telah memberikan beberapa kontribusi pada pembangunan di NTT. IWAPI ini memiliki dua kata kunci yaitu Wanita dan Pengusaha. IWAPI ini juga organisasi profesi yang tentunya sangat berperan besar untuk membantu wanita pengusaha mengembangkan kemampuan mereka dalam berusaha dan mengembangkan usaha melalui pelatihan keterampilan, manajemen dan perbaikan akses terhadap masalah finansial, teknologi serta jaringan bisnis di Nusa Tenggara Timur,” tutur Wagub Nae Soi sebagaimana informasi dari Humas Pemprov NTT.

Wagub juga menjelaskan bahwa dalam membangun NTT, pihaknya menerapkan konsep pentahelix yang menggambarkan pembangunan kolaboratif antara Pemerintah, Komunitas, Sektor Swasta, Akademisi, dan Media Massa.

Maka IWAPI, menurut mantan anggota DPR RI fraksi Golkar ini, merupakan salah satu dari komponen pentahelix dimana perempuan menjadi penggeraknya.

Wagub juga menjelaskan bahwa dalam mengembangkan perekonomian di NTT, peranan swasta menjadi salah satu yang sangat penting. Untuk itu dirinya berharap agar IWAPI NTT bisa terus melakukan melakukan manuver-manuver yang kreatif, inovatif, dan berdampak secara ekonomi, sosial dan budaya.

Putera asli Ngada tersebut juga menambahkan bahwa dalam progres pembangunan NTT, kehadiran perempuan sangatlah penting.

Untuk itu ia meminta IWAPI untuk terus mengumpulkan kaum perempuan guna berpartisipasi aktif dalam upaya mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat NTT.

Wagub juga mengatakan bahwa pihaknya tengah membuka ruang yang luas bagi kehadiran entrepreneur perempuan untuk membuktikan kapasitasnya dalam mengelola sebuah usaha (UMKM). Maka kehadiran IWAPI tentunya selaras dengan hal tersebut.

Berdasarkan laporan Panitia, Rakerda III DPD IWAPI NTT bertujuan untuk menyusun program organisasi selama 1 tahun berjalan sesuai AD/ART yang sudah ditetapkan, dengan tujuan untuk menggerakan roda perekonomian NTT secara lebih stabil.

Diketahui bahwa dalam Rakerda virtual tersebut, Wagub Nae Soi didampingi Sekda NTT Ben Polo Maing. (Emild)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2019 NTTBANGKIT.

Tentang Kami   |   Tim Redaksi