Kam. Des 3rd, 2020

NTT Bangkit

Media Promosi Pariwisata,Bisnis dan Investasi NTT

Gubernur NTT Beri Sinyal Presiden Jokowi Akan ke Sabu Raijua, Bandara Besar Segera Dibangun

2 min read

Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat saat berkunjung ke Kampung Adat Namata, Kecamatan Sabu Barat, Kabupaten Sabu Raijua beberapa waktu lalu. (*)

MENIA, NTTBANGKIT.COM,-Gubernur Provinsi NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat memberikan sinyal kuat Presiden Joko Widodo bakal mengunjungi Kabupaten Sabu Raijua. Sinyal kuat kedatangan orang nomor satu Indonesia tersebut disampaikan Viktor di sela-sela kunjungan kerja (Kunker) nya di kabupaten Sabu Raijua yang masih tergolong kabupaten termiskin di NTT. Untuk itu, ia meminta Pemerintah Kabupaten Sabu Raijua harus segera menyelesaikan rencana pembangunan bandara yang layak untuk didarati pesawat berbadan besar, termasuk pesawat kepresidenan yang nantinya mendarat di Sabu Raijua.

“Ya saat ini pembangunan bandara besar di Menia, Kecamatan Sabu Tengah sedang dalam tahap perencanaan. Saya ingatkan agar panjang bandara harus minimal 1.600 sampai dengan 1.800 meter. Hal itu agar wisatawan dari Bali, Labuan Bajo, bahkan dari tempat lain bisa terbang langsung ke Sabu Raijua. Dan jika nanti Presiden Joko Widodo berkunjung ke Sabu Raijua sudah harus bisa menggunakan pesawat berbadan besar,” kata Gubernur Viktor saat tatap muka dengan jajaran Pemerintah Kabupaten Sabu Raiju, para kepala desa, lurah, para kepala sekolah, tokoh agama, dan warga saat berkunjung ke Kecamatan Raijua, beberapa waktu lalu.

“Kalau kita meminta Presiden datang ke Sabu Raijua, tidak mungkin beliau datang dengan helycopter tetapi harus dengan pesawat kepresidenan. Untuk itu, saya minta Pjs. Bupati Sabu Raijua bersama Sekda segera menyelesaikan Fisibility Study (FS) karena menteri perhubungan sudah siap untuk membangun bandara,” tegasnya lagi.

Dalam kesempatan tatap muka dengan warga tersebut, Gubernur Viktor menyampaikan bahwa Presiden RI Joko Widodo menyampaikan salam hangat kepada pemerintah daerah dan seluruh masyarakat Kabupaten Sabu Raijua. Dikatakan Viktor, sebelum melakukan Kunker ke Sabu Raijua dirinya mengabarkan informasi kepada Presiden Joko Widodo bahwa ia akan ke Sabu Raijua.

“Sebelum saya ke sini, saya sampaikan kepada Bapak Prsiden Jokowi bahwa saya akan berkunjung ke Sabu Raijua. Mendengar itu, Pak Presiden langsung menyampaikan salam untuk seluruh masyarakat Sabu Raijua. Untuk itu, kita harus mendesain pembangunan di Sabu Raijua ini dengan lebih fokus,” terang Viktor di halaman Kantor Camat Raijua,beberapa waktu lalu.

Untuk diketahui beberapa waktu lalu dalam sidang di Gedung DPR/MPR, Presiden Joko Widodo mengenakan pakain adat khas motif Sabu Raijua. Fakta unik tersebut, membangkitkan semangat seluruh rakyat Kabupaten Sabu Raijua yang dijuluki Pulau Sejuta Lontar tersebut. Begitu banyak orang Sabu Raijua memberikan apresiasi yang tinggi kepada Presiden Jokowi yang telah mengangkat tenun ikat produksi kebudayaan masyarakat Sabu Raijua.

Dalam kunjungan NTTBangkit.com ke Sabu Raijua, pekan lalu, banyak warga penuh harap sekali kelak Presiden Joko Widodo dapat menginjakan kakinya di pulau yang pernah di singgahi James Kock sang penemu Benua Australia dan pernah disinggahi Mahapati Gadja Mada tersebut.

“Kami sangat merindukan Pak Presiden Jokowi yang kami cintai. Beberapa waktu lalu kami lihat di televisi dia pake pakaian adat Sabu. Kami sangat terharu dan bangga karena Pak Presiden telah menyentuh hati nurani kami orang Sabu ini. Semoga Bapak Jokowi bisa datang ke sini melihat langsung kondisi kami dan memberikan perhatian khusus,” ungkap polos Mahari, penjaga Rumah Adat di Kampung Adat Namata, Kecamatan Sabu Barat, saat ditemui media belum lama ini. (KornelisMoaNita)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2019 NTTBANGKIT.

Tentang Kami   |   Tim Redaksi