Kam. Des 3rd, 2020

NTT Bangkit

Media Promosi Pariwisata,Bisnis dan Investasi NTT

Dukung Pariwisata Labuan Bajo, Menkominfo Tambah BTS di Mabar

2 min read

LABUAN BAJO, NTTBANGKIT.COM — Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Jhonny G. Plate, dalam acara simulasi Healthy, Safety and Security Protocol atau sering dikenal dengan sebutan 3K (Kesehatan, keselamatan, dan keamanan) di Labuan Bajo pada (12/11/2020), mengatakan bahwa Pemerintah Pusat, dalam rangka mendukung destinasi pariwisata di Labuan Bajo, berkomitmen  untuk memperkuat infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi di Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP). 

Mantan anggota DPR RI fraksi Nasdem ini juga menambahkan bahwa Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Kominfo saat ini terus mempercepat pemerataan pembangunan infrastruktur guna mendukung transformasi digital.

“Covid-19 ini memacu kita untuk lebih cepat bergerak ke arah transformasi digital. Apalagi kawasan pariwisata Labuan Bajo saat ini sangat membutuhkan percepatan pembangunan infrastruktur TIK,” tuturnya saat makan bersama dengan Wagub NTT Josef Nae Soi di Restoran Taman Laut Labuan Bajo, usai acara Simulasi 3K.

Menteri Jhonny juga menambahkan bahwa kali ini, untuk wilayah Kabupaten Manggarai Barat dalam rangka mendukung destinasi wisata super prioritas, destinasi premium, Kominfo memberikan dukungan yang kuat melalui BLU BAKTI dengan 18 BTS, ditambah tentu dengan BTS 4G lainnya yang dibangun oleh operator seluler.

Menanggapi hal itu, Wagub NTT sangat berterima kasih kepada Presiden Jokowi dan seluruh jajaran pemerintah.

Di samping itu, Menteri Jhonny berpesan kepada Wagub NTT untuk memanfaatkan infrastruktur TIK dengan baik dan bijak guna memajukan roda perekonomian. 

Untuk itu ia berharap agar masyarakat NTT, khususnya Kabupaten Manggarai Barat untuk menjaga dengan baik karena  akses internet WIFI maupun BTS tersebut disediakan tidak saja untuk pelayanan pemerintahan tetapi untuk aktivitas masyarakat, baik ekonomi, pendidikan, kesehatan serta aktivitas lainnya yang bermanfaat untuk kebaikan dan kesejahteraan bersama.

Menteri Jhonny juga menambahkan bahwa infrastruktur TIK yang dibangun oleh Bakti Kominfo tersebut tidak hanya untuk Desa Komodo, melainkan untuk masyarakat di seluruh Manggarai Barat dan propinsi Nusa Tenggara Timur. 

Ia pun mengapresiasi upaya masyarakat yang sudah menggunakan akses internet di kantor desa. Menurutnya, akses internet tidak saja untuk pelayanan pemerintahan desa tapi juga aktivitas masyarakat.

Lebih dari itu, program pembangunan TIK tidak hanya untuk masyarakat NTT, tetapi juga secara merata dan menyeluruh untuk masyarakat Indonesia.

Maka daripada itu, masyarakat Indonesia pada umumnya dan khususnya masyarakat di desa Komodo NTT, demikian Menteri Jhonny, patut berterima kasih kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang berkomitmen kuat untuk mendorong transformasi digital di Indonesia.

“(Infrastruktur TIK) untuk seluruh Indonesia, mudah-mudahan ini bisa dimanfaatkan dengan baik untuk masyarakat di Desa Komodo, kecamatan-kecamatan di sana, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur dan seluruh Indonesia,” tutur Menkominfo.

Menteri Jhonny juga menambahkan bahwa secara umum di Provinsi NTT masih ada 427 desa yang belum tersedia sinyal 4G untuk wilayah 3T yang tentu termasuk di dalam pembangunan 2021 dan 2022 nanti. (Emild Franz)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2019 NTTBANGKIT.

Tentang Kami   |   Tim Redaksi