Kam. Des 3rd, 2020

NTT Bangkit

Media Promosi Pariwisata,Bisnis dan Investasi NTT

Dukung Kemajuan di Labuan Bajo, Kemenparekraf Buat Program “Aksilarasi”

2 min read
Potret kegiatan Aksilarasi di Labuan Bajo (image: Lintang Tribuana)

LABUAN BAJO, NTTBANGKIT.COM – Dalam rangka membangkitkan kembali pariwisata di Labuan Bajo yang sempat redup pada masa Pandemi Covid-19, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menyelenggarakan program “Aksilarasi” (Aksi, Selaras dan Sinergi) dibawah tema “Merawat Ingatan Merayakan Peradaban di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.”

Program yang digagas oleh Direktorat Musik Seni Pertunjukan dan Penerbitan tersebut dimaksudkan untuk mengeksplorasi potensi masyarakat Labuan Bajo dan sekitarnya dalam rangka meningkatkan pertumbuhan sektor ekonomi kreatif dengan pariwisata sebagai prime mover.

Adapun pendampingan oleh tim kreatif tersebut sudah berjalan sejak tanggal 3 hingga 16 November kemarin.

Selanjutnya uji publik atas program tersebut dilaksanakan secara daring pada hari ini (19/11/2020).

Adapun hasil pendampingan tersebut ialah 16 produk unggulan yang akan terus disempurnakan hingga 5 tahun ke depan. 

“Mudah-mudahan ada karya-karya dari Labuan Bajo yang bisa ditonjolkan atau bisa dijual untuk menambah nilai ekonomi teman-teman,” tutur Neil El Hilman, yang adalah Deputi Ekonomi Digital dan Ekonomi Kreatif.

Hilman juga berharap agar kegiatan tersebut bisa mendukung peningkatan ekonomi masyarakat Labuan Bajo melalui eksplorasi hasil kerajinan tangan dan produk-produk lokal lainnya. 

Selain berdampak ekonomi, Hilman juga berharap agar kegiatan tersebut bisa menjadi stimulus bagi anak-anak muda dan masyarakat Labuan Bajo untuk semakin melestarikan adat budayanya.

Goal kegiatan ini tentunya merupakan bagian dari grand design masyarakat ekonomi NTT yang digagas oleh Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat dan Wakil Gubernur NTT Josef Nae Soi.

Untuk itu, Wagub NTT Josef Nae Soi, ketika dihubungi mengatakan bahwa kegiatan yang digagas Pemerintah Pusat tersebut merupakan bagian dari kolaborasi dan sinergitas yang diinginkan oleh Presiden Jokowi, mengingat Labuan Bajo akan menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi G20 dan ASEAN Summit pada tahun 2023 mendatang.

Wagub juga berpesan agar masyarakat Labuan Bajo dan para seniman asli NTT bisa ambil bagian dalam momentum tersebut untuk meningkatkan laju perputaran roda perekonomian NTT. (Emild Kadju)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2019 NTTBANGKIT.

Tentang Kami   |   Tim Redaksi