Sab. Sep 25th, 2021

NTT Bangkit

Media Promosi Pariwisata,Bisnis dan Investasi NTT

Juni 2021, NTT Panen Garam Industri dan Ikan kerapu dalam Skala Besar

2 min read
Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat dan Pejabat Lingkungan Provinsi NTT bersama tim Menko Kemaritiman dan Investasi beberapa waktu lalu di Ruang Kerja Gubernur NTT.

KUPANG, NTTBANGKIT.COM – Pemerintah Provinsi NTT di bawah kepemimpinan Gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat dan Wakil Gubernur Josef Nae Soi sangat konsen dan konsisten menggerakkan roda perekonomian masyarakat NTT. Dua hal diantaranya ialah program bibit ikan kerapu dan tambak garam. 

Kepada awak media, Gubernur Laiskodat mengungkapkan bahwa provinsi NTT akan menanam ikan kerapu dan garam pada tahun 2021 tepatnya bulan Juni.

Selain untuk keperluan swasembada, garam industri tersebut menurut Laiskodat akan disuplai secara nasional untuk membantu memenuhi kebutuhan garam Nasional.

Politisi partai Nasdem ini juga mengatakan bahwa kualitas garam NTT merupakan salah satu yang terbaik di dunia dan hal tersebut sangat dibutuhkan oleh dunia industri.

Sedangkan untuk ikan kerapu, putera asli Semau ini mengimbuh bahwa saat ini pihaknya tengah berupaya untuk mengembangkan dan membudayakan lnha secara besar sehingga bisa cukup untuk diekspor ke luar negeri.

” NTT merupakan salah satu Provinsi yang terkenal dengan hasil laut terbaik di Indonesia. Dan kami sedang membudidayakan ikan kerapu untuk kelas ekspor. Seperti yang kita tahu Indonesia sulit untuk membudidayakan ikan kerapu dan NTT sedang berusaha membudidayakan ikan kerapu dan saya yakin pasti berhasil,” tutur Gubernur Laiskodat. 

Pada Selasa (24/11/2020) lalu, ketika tim Menko Maritim dan Investasi berkunjung ke ruang kerja Gubernur NTT, mereka mengakui bahwa kadar air laut di NTT memungkinkan daerah ini bisa menghasilkan garam industri yang berkualitas.

Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Maritim, Dr.Ir Safri Burhanuddin,DEA, kala itu mengatakan bahwa selain menghasilkan garam industri yang memiliki kualitas terbaik untuk ekspor, garam NTT juga dinilai dapat memenuhi kebutuhan garam nasional karena kandungan NaCl yang terdapat pada garam NTT adalah 97 persen dan itu adalah garam terbaik. 

Tidak hanya itu, tim Kemenko Maritim dan Investasi memuji potensi sumber daya alam yang dimiliki NTT termasuk destinasi pariwisata yang begitu banyak. 

Menanggapi hal tersebut, Gubernur NTT mengatakan bahwa NTT merupakan the province of tourism dan dibawa kepemimpinannya bersama Wagub Nae Soi, mereka akan membangun ekonomi NTT dengan Pariwisata sebagai prime mover ekonomi NTT. (Emild Franz)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 NTTBANGKIT.

Tentang Kami   |   Tim Redaksi