Kam. Apr 15th, 2021

NTT Bangkit

Media Promosi Pariwisata,Bisnis dan Investasi NTT

Media Trip, Terobosan Badan Penghubung NTT Angkat Obyek Wisata Tersembunyi

2 min read

Panorama indah Laut Sawu di pagi hari dari atas kapall KM. Cantika yang berlayar dari Sabu-Kupang (FotoBungkornell)

Wisata Bahari Laut Sawu yang indah (FotoBungkornell)

NTTBANGKIT.COM,-Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) adalah provinsi kepulauan yang kaya akan obyek wisata. Banyaknya obyek-obyek wisata yang dimiliki NTT menjadikan NTT dengan ragam potensi wisata menjadi destinasi unggulan yang populer di Indonesia dan dunia internasional.

Jutaan wisatawan domestik dan mancanegara berdatangan ke NTT setiap tahun untuk menikmati aneka ragam keindahan obyek-obyek wisata di NTT. Ada begitu banyak destinasi wisata yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Provinsi NTT di berbagai kabupaten dengan keunikan dan kekhasannya masing-masing, baik wisata alam, wisata budaya, wisata bahari, wisata religi dan Agro Wisata.

Seperti sudah diketahui, ada Komodo di Pulau Komodo Mangarai Barat, ada Kampung Tradisional Bena di Ngada, ada Taman Laut Seribu Pulau di Riung, ada Danau Tiga Warna Kelimutu di Ende, taman Laut Teluk Maumere, Semana Santa di Larantuka, Ikan Paus di Lamalera, Pantai Nembrala di Rote, Kampung Takpala dan Taman Laut di Alor, Kampung Adat Namata di Sabu Raijua, Pasola di Sumba dan lain-lain.

Selain memiliki obyek-obyek wisata yang telah ditetapkan menjadi destinasi utama dan populer di dunia, NTT juga begitu banyak menyimpan obyek-obyek wisata unik dan langka yang belum digali, ditata dan diekspos kepermukaan, seperti perkampungan megalitik, wisata air terjun, upacara-upacara adat, tarian-tarian masal, pantai-pantau yang unik dan indah, pegunungan, lembah, dan danau-danau, gua-gua Jepang, tradisi bercocok tanam dan panen, dan lain-lain.

Obyek atau potensi wisata itu dimiliki seluruh kabupaten di NTT.
Untuk itu, Badan Penghubung NTT di bawa pimpinan Drs. Viktorius Manek, M.Si bekerjasama dengan media nasional Kompas TV,Berita Satu TV dan Metro TV menggelar Media Trip. Melalui Media Trip ini, dapat menggali potensi baru pariwisata NTT.

“Dengan melakukan perjalanan media di berbagai titik destinasi baru yang ada di Pulau Sumba, Pulau Timor, Alor, Sabu, Rote dan Pulau Flores kita dapat menggali, mengolah dan mempublikasikan melalui media sebagai bentuk promosi,”terang Viktor Manek sang putra Malaka ini.

Adapaun latarbelakang kegiatan Media Trip terang Viktor Manek, karena obyek pariwisata baru masih belum terekspos secara masif di media masa.Untuk itu, perlu digali dan diangkat kepermukaan.

Selain itu, melalui Media Trip,terangnya, dapat membawa dampak besar bagi pembangunan kepariwisataan di NTT, yaitu mendukung pemberintah dan pelaku usaha wisata untuk mengelolah obyek-obyek wisata baru secara maksimal danmendorong masyarakat untuk meningkatkan pendapatan ekonomi melalui obyek wisata baru.

“Obyek-obyek wisata unik dan langka adalah kekayaan utama dunia kepariwisataan di NTT. Kekayaan yang telah ditata dan dikelola harus terus dikembangkan, dan kekayaan obyek wisata baru harus terus digali, ditata dan dikelolah menjadi destinasi baru yang dapat meningkatkan pendapatan daerah dan kesejahteraan masyarakat. Kegiatan ini merupakan bagian dari promosi pariwisata demi mendukung pembangunan kepariwisataan yang menjadi program unggulan Gubernur dan Wakil Gubernur NTT,”tutup pria yang tegas dan murah senyum ini. (kornelisMoaNita)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 NTTBANGKIT.

Tentang Kami   |   Tim Redaksi