Kam. Apr 15th, 2021

NTT Bangkit

Media Promosi Pariwisata,Bisnis dan Investasi NTT

Sehari Dilantik Menkominfo Jadi Eselon 2, Ini Gerakan Sensi Dore

3 min read
Kepala Biro Umum Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, Sensi Dore saat membenahi ruangan Biro Umum.

JAKARTA, NTTBANGKIT.com – Dalam sambutannya pada acara pelantikan pejabat Eselon 2 Kementerian Kominfo, Menteri Johnny Plate mengatakan bahwa dirinya berharap agar para pejabat yang dilantik bisa memberikan yang terbaik untuk Kementerian Kominfo, khususnya dalam mendukung transformasi digital di Indonesia.

Sementara itu Sensilaus Dore, pejabat yang dilantik menjadi Kepala Biro Umum Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, mengatakan kepada awak media bahwa transformasi digital itu harus dimulai dari tubuh kementerian Kominfo.

“Pertama, kita berencana untuk membenahi fisik Kementerian ini sehingga tampak lebih elegan,” tutur pria hitam manis yang akrab disapa Sensi tersebut.

Selanjutnya, sehari setelah dilantik Sensi langsung bergerak cepat membenahi ruangan kerja di Biro Umum.

“Ambil hammer, kita robohkan dinding yg menutup ruangan Biro Umum,” ujar mantan Kepala Balmon Surabaya ini kepada para Kepala Bagian dan staf Biro Umum pada Rabu (16/12/2020).

Berbeda dengan ruangan kerja Biro lain di lantai 5 yang sudah terbuka, di ruangan Biro Umum, masih terdapat dinding pemisah antara ruangan tengah dengan ruangan menghadap Monas.

“Ruangan yang tertutup membuat pikiran kita juga tertutup, ruangan tertutup membatasi kreativitas, saatnya kita bongkar,” lanjut putera asal NTT tersebut.

Untuk mewujudkan misi membuat ruangan kerja Biro Umum yg terbuka hanya butuh 2 (dua) hari. Agenda hari pertama merobohkan dinding pemisah, memindahkan dan menata ulang lemari. Agenda hari kedua, merapihkan meja, merapihkan kabel listrik dan data, membuang semua berkas yang tidak lagi digunakan, membuang semua sampah di bawah meja yg ternyata cukup banyak. Selama ini karena ruangan agak tertutup, tak ada yg memperhatikan beragam jenis sampah kertas dan berkas di bawah meja.

Berdasarkan pantauan media, Sensi tidak hanya memerintah dari balik meja, melainkan turun tangan langsung di lapangan sembari memberikan instruksi detil kepada seluruh tim yang tengah bekerja.

Berkas-berkas dipilah sendiri oleh pemilik, sembari pada saat yg sama tim teknisi mengatur ulang kabel listrik dan data, tim cleaning service membuang sampah, dan seterusnya.

Alhasil, ruangan kerja Biro Umum pun berubah.

Jika sebelumnya Kepala Biro Umum tidak bisa melihat secara langsung seluruh stafnya bekerja, saat ini dengan dirobohkannya dinding pemisah, semua menjadi terbuka, lega, transparan. Itu hanya dilakukan dalam dua hari kerja.

“Harus diakui, memang masih jauh dari sempurna, tapi akan terus ditingkatkan di beberapa hari ke depan. Akan ada coffee maker, kulkas dan lain-lain,” tutur Sensi dan menambahkan, “Nanti kalau sudah jadi, kafe ini tidak hanya digunakan oleh pegawai Biro Umum, tapi juga oleh seluruh pegawai Kominfo yang kebetulan mampir ke lantai 5.”

Sementara itu Plt. Kepala Biro Humas, Ferdinandus Setu, kepada awak media via WhatsApp mengatakan bahwa dirinya, kala bergabung sebagai bagian dari Biro Umum sejak tahun 2016 lalu, berpikir bahwa dinding pemisah di ruangan Biro Umum tidak bisa dirobohkan dan tidak bisa diutak-atik lagi.

“Saya sendiri yg bergabung di Biro Umum sejak 2016 pun tidak pernah membayangkan bahwa dinding pemisah itu bisa dirobohkan. Saya pikir dinding itu suatu yg memang sudah begitu, given, tidak bisa diutak-atik. Ternyata saya masih kurang out of the box dibandingkan Pak Sensi. Jam terbang dan pengalaman memang berbicara,” tutur pria yang akrab disapa Nando.

Sementara itu ketika diwawancarai saat pelantikan, Sensi mengatakan bahwa ia ingin mengubah wajah Kementerian Kominfo menjadi lebih fresh dan mencerminkan Kementerian yang bergerak di bidang komunikasi dan informatika, baik dari sisi bangunannya, maupun etos dan habitus kerjanya.

“Ini adalah Kementerian Komunikasi dan Informatika. Untuk itu kita mau agar kementerian ini sungguh menampilkan sisi Komunikasi dan Informatika, baik itu dari model bangunan maupun dari habitus kerjanya,” tutur Sensi ketika diwawancarai oleh Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo, Ferdinandus Setu beberapa hari lalu. (***)

1 thought on “Sehari Dilantik Menkominfo Jadi Eselon 2, Ini Gerakan Sensi Dore

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 NTTBANGKIT.

Tentang Kami   |   Tim Redaksi