Jum. Jan 15th, 2021

NTT Bangkit

Media Promosi Pariwisata,Bisnis dan Investasi NTT

Gubernur Laiskodat Targetkan 1000 Koperasi Daerah Berbasis Digital di Tahun 2021

2 min read
Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat dan Wakil Gubernur Josef A Nae Soi saat rapat kerja bersama pada bupati dan wali kota usai upacara HUT NTT ke-62 di Rumah Jabatan Gubernur NTT, Minggu (20/12/2020). (Image: Pos Kupang)

KUPANG, NTTBANGKIT.com — Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat dalam arahannya pada rapat peringatan HUT NTT Ke-62 bersama Wakil Gubernur Josef Nae Soi dan para Bupati serta Walikota se-NTT pada (20/12/2020) meminta pada para bupati dan wali kota untuk bekerja lebih giat lagi sembari bersinergi satu sama lain guna mendukung perancangan dan pembangunan di berbagai sektor di NTT.

“Saya ingin agar kita semua Bupati dan Walikota, serta OPD agar harus bisa hadir ditengah masyarakat dan bekerja lebih keras dan konkrit bersama masyarakat. Aset terbesar dari daerah baik provinsi atau kabupaten itu ada pada pelayanan birokrasinya,” ucap Gubernur Laiskodat sebagaimana rilis dari Humas Pemprov NTT dan menambahkan, “Untuk sektor pertanian, para bupati saya mau agar turun langsung ke desa-desa, lihat berapa luas lahan yang berpotensi, jumlah SDM petaninya dan juga komoditi apa yang ditanam.  Perencanaan harus jelas dan Sekda juga mengawasi. Saya tidak mau kita rapat seperti biasa dan kerja juga biasa-biasa saja. Presiden juga bilang pada saya bahwa untuk membangun Provinsi NTT ini harus dengan cara-cara yang luar biasa.”

Dalam rapat virtual yang dipandu oleh Sekda NTT, Ben Polo Maing tersebut, Gubernur Laiskodat juga mengatakan bahwa dalam situasi yang serba terbatas akibat pandemi covid-19 seperti ini, pemerintah dan semua jajarannya harus bisa optimalkan penggunaan anggaran PEN (Pemulihan Ekonomi Nasional) dari Pemerintah Pusat untuk mendongkrak roda perekonomian di NTT.

“Kita perbaiki pertumbuhan ekonomi kita, manfaatkan dana PEN. Anggaran itu harus juga kita manfaatkan untuk membantu sektor-sektor pembangunan,” tutur putera asli Semau tersebut dan menambahkan, “Untuk infrastruktur, kita manfaatkan bendungan yang sudah dibangun Pemerintah Pusat. Presiden Jokowi ini sangat baik dan perhatian dengan NTT. dia tahu kita butuh infrastruktur yang baik. Saya mau Bupati dan Walikota turun dan lihat, dari tiap-tiap bendungan itu kita usahakan salurkan air ke lahan pertanian masyarakat dengan pemasangan pipa-pipa air. Itu harus kita pastikan ke titik mana saja sesuai kebutuhan. Infrastruktur ini kalau kita manfaatkan baik maka akan menumbuhkan ekonomi pertanian.” 

Mantan anggota DPR RI fraksi Nasdem ini juga mengatakan bahwa saat ini, koperasi di NTT sudah bergerak maju. Untuk itu, para Bupati bersama Walikota harus memperhatikan koperasi-koperasi tersebut sembari mendukung perubahan ke arah digital. 

Gubernur bahkan menargetkan bahwa pada tahun 2021, harus terealisasi 1000 koperasi digital dari Pemprov NTT dengan 100 koperasi digital dari setiap kabupaten dan kota di provinsi berbasis kepulauan tersebut.

Untuk itu, pihaknya akan mendukung semua inovasi dari setiap koperasi yang hendak berkembang ke arah digital.

Kehadiran koperasi dengan sistem digital di NTT, menurut Laiskodat akan membawa dampak besar bagi perputaran ekonomi di NTT. (Emild Kadju)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 NTTBANGKIT.

Tentang Kami   |   Tim Redaksi