Kam. Okt 21st, 2021

NTT Bangkit

Media Promosi Pariwisata,Bisnis dan Investasi NTT

Kominfo dan Organisasi Internasional ITU Kolaborasi Bangun Desa Cerdas

2 min read
Sekretaris Jenderal Kementerian Kominfo Mira Tayyiba

JAKARTA, NTTBANGKIT.COM – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersama Organisasi Internasional ITU atau International Telecommunication Union (ITU) Development Sector segera berkolaborasi membangun Desa Cerdas di seluruh Indonesia.

Pada pertemuan virtual Kamis (11/02) lalu, Kominfo dan ITU membahas persiapan rincian spesifik Cetak Biru Desa Cerdas dan Pelatihan Inovasi Daerah.

“ITU telah meminta BAKTI Kementerian Kominfo dan Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi untuk mengembangkan Cetak Biru Desa Cerdas. Poin tindak lanjutnya adalah pembahasan rincian spesifik tentang inisiatif dimana Kominfo dapat berkontribusi,” ujar Sekjen Kementerian Kominfo usai menghadiri pertemuan virtual Courtesy Call dengan Direktur Pengembangan Telekomunikasi ITU Doreen Bogdan-Martin.

Pada sesi pertama Courtesy Call, membahas persiapan teknis pelaksanaan The ITU World Telecommunication Development Conference 2021 (WTDC-21) yang akan berlangsung pada tanggal 8-9 November 2021 di Addis Ababa, Ethiopia. Teknis pelaksanaan dimaksud meliputi pertemuan Kelompok Kerja WTDC, pertemuan persiapan Telekomunitas Asia Pasifik (APT), dan substansi WTDC termasuk Deklarasi WTDC-21.

Sekjen Mira Tayyiba juga mengapresasi pendampingan ITU dalam beberapa kegiatan pembangunan, antara lain pengembangan sistem radio untuk nelayan, peningkatan Indeks Pengembangan TIK, dan pengembangan IoT pada tahun 2017-2019 lalu.

“Pada tahun 2021 ini, Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kominfo meminta bantuan ITU untuk melakukan kegiatan capacity building,” jelas Mira Tayyiba.

Capacity building mencakup identifikasi, sharing knowledge, best practice, dan studi kasus tentang peran pemerintah dalam percepatan ekonomi digital di kawasan Asia Pasifik. “Serta berkolaborasi dengan pihak swasta dan masyarakat sipil.

Selanjutnya diskusi memfokuskan kepada inisiatif ITU dan perbincangan berlanjut untuk pendalaman mengenai kemitraan Indonesia dengan ITU dalam pengembangan TIK di Indonesia.

Kementerian Kominfo juga menyambut baik undangan ITU-WTDC 2021 dan menyatakan kesediaan berpartisipasi dalam konferensi tahunan yang akan membahas inovasi dan model kolaborasi untuk solusi konektivitas digital guna mencapai target SDG’s.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 NTTBANGKIT.

Tentang Kami   |   Tim Redaksi