Sab. Okt 16th, 2021

NTT Bangkit

Media Promosi Pariwisata,Bisnis dan Investasi NTT

Presiden Jokowi Kunjungi Hasil Kerja Bupati Paul SK Limu

3 min read

SUMBA TENGAH, NTTBANGKIT.COM – Presiden Joko Widodo mengunjungi kawasan food estate atau lumbung pangan di kabupaten Sumba Tengah, Nusa Tenggara Timur (NTT). Kawasan pertanian sawah dan jagung seluar 5.000 hektar ini dikembangan pemerintah kabupaten Sumba Tengah dengan dukungan pemerintah provinsi NTT dan kementerian pertanian. Berbicara dengan Bupati Sumba Tengah dan Gubernur NTT, Jokowi mengaku akan menambah pengembangan kawasan pertanian di Sumba Tengah.

“Pemerintah telah membangun sejumlah sumur bor untuk kebutuhan sawah di sini. Tadi pak Bupati minta tambah lagi, pak Gubernur juga minta dibuatkan satu bendungan untuk di Sumba Tengah dan sekitarnya. Karena masih jauh dari cukup. Masih kurang,” terang Jokowi saat berada di Sumba Tengah.

Presiden Jokowi dalam keterangannya di Sumba Tengah didampingi Menteri Pertanian, Gubernur NTT, dan Bupati Sumba Tengah.

Bupati Sumba Tengah mengaku bergembira menerima kunjungan Presiden Joko Widodo ke Sumba Tengah untuk melihat langsung kerjanya. Menurut Paul ini bentuk kepedulian Presiden terhadap masyarakat miskin di Sumba Tengah.

“Pemda Sumba Tengah berterima kasih atas program lumbung pangan food estate ini. Kami kembangkan 5.000 hektare terdiri dari lahan sawah 3.000 hektare dan lahan jagung seluas 2.000 hektare,” kata Paul menjelaskan.

Bupati Sumba Tengah Paulus SK Limu sejak awal bekerja keras mengembangkan kawasan pertanian ini untuk memimpin Sumba Tengah keluar dari kemiskinan. Bulan September 2020, Bupati Paul SK Limu memimpin apel kesadaran di lokasi food estate di Desa Umbu Pabal, Kecamatan Umbu Ratu Nggay Barat. Lebih dari seribu orang aparatur sipil negara (ASN) dan tenaga kontrak dikerahkan ikut dalam apel kesadaran di lokasi pertanian ini.

“Kami terus menggerakan masyarakat yang selama ini selalu menggantungkan hidupnya pada lahan sawah tadah hujan,” tutur Paul usai memimpin apel kesadaran.

Bupati Paul SK Limu gelar apel keasadaran di lokasi food estate Sumba Tengah.

Selanjutnya pada 28 Desember tahun lalu, Bupati Paul SK Limu melakukan penanaman perdana padi di lokasi ini.

“Penanaman dimulai bulan Desember lalu dan kami selesaikan pada Januari 2021 kemarin. Kami mulai dari Desa Wilawa, Desa Tanamodu dan Umbu Pabal Selatan,” ujar Paulus saat menjawab pertanyaan wartawan.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dalam kunjungannya ke Sumba Tengah pada 8 Januari 2021, menyebut bupati Paul SK Limu sangat serius mengembangkan pertanian di kabupaten Sumba Tengah. Mentan berjanji untuk mendatangkan Presiden Joko Widodo ke Sumba Tengah.

“Pak Bupati sangat serius dan saya datang ke Sumba Tengah untuk menangkap keseriusan ini. Ayo pak Bupati aku bantu karena aku di belakangmu. Nanti minggu pertama atau kedua bulan Pebruari saya minta Bapak Presiden Jokowi ke sini,” ujar Mentan.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat kunjungan ke lokasi food estate di Sumba Tengah.

Bupati Paul mengaku menerima banyak bantuan alat pertanian dari kementerian pertanian sehingga program food estate ini bisa dijalankan.

“Sejak dua kali dikunjungi Menteri Pertanian, kabupaten Sumba Tengah sudah menerima alat pertanian, kami menyampaikan limpah terima kasih kepada Bapak Menteri atas ketulusan dan keikhlasan mengunjungi kami Sumba Tengah, terima kasih atas semua kebijakan anggaran, kebijakan alsintan, roda 4 ada 20 unit, roda dua 80 unit, Kombain 12 unit, alat penyemprotan, pompa dan sumur bor” ujar Paulus dengan haru saat berbicara dihadapan Mentan di Desa Makatakeri pada Januari lalu.

Menteri Pertanian mewujudkan janjinya kepada Bupati Sumba Tengah dengan mendatangkan Presiden Jokowi ke Sumba Tengah untuk melihat langsung hasil kerja keras Paul SK Limu. Kawasan food estate ini berada di Desa Umbu Pabal, Umbu Pabal Selatan, Wairasa, Makatakeri, Anakalang, Wailawa, Malinjak, Dasa Elu, Tana Modu, Katikutana Selatan, dan Umbu Ratu Nggay Barat. (Faza)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 NTTBANGKIT.

Tentang Kami   |   Tim Redaksi