Rab. Jun 16th, 2021

NTT Bangkit

Media Promosi Pariwisata,Bisnis dan Investasi NTT

Cegah DBD, Ratusan ASN Pemprof NTT Bersihkan Sampah

2 min read

Para Relawan Gerakan Peduli Sampah (GPS)

KUPANG, NTTBANGKIT.COM – Ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bekerja di Kantor Gubernur Provinsi NTT bersama warga Kota Kupang, yang tergabung dalam relawan Gerakan Peduli Sampah (GPS) Sabtu, (6/3/21) memadati Ruas Jalur 40, Kota Kupang untuk gotong royong membersihkan sampah. Kegiatan yang dilakukan rutin setiap hari sabtu ini, selain sebagai bentuk kepedulian terhadap kebersihan lingkungan, juga untuk mencegah penyebaran jentik nyamuk Demam Berdarah Dengue (DBD) yang setiap tahunnya menyerang warga Kota Kupang, saat memasuki musim penghujan.

Wakil ketua DPR Kota Kupang, Padron Paulus mengatakan, salah satu persoalan serius yang terjadi di Kota Kupang adalah masih kurangnya kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan. Hal ini sangat berdampak pada mewabahnya kasus DBD yang menyerang masyarakat setiap tahunnya. “Persoalan utama yang kita hadapi saat ini selain mewabahnya Virus Corona namun dampak sampah terhadap penyebaran jentik nyamuk Demam Berdarah Dengue juga sangat luar biasa. Apalagi memasuki musim penghujan seperti saat ini, jika sampah berserakan dan sanitasi yang buruk, penyebaran DBD akan semakin meningkat. Kita tidak mau lagi terjadi korban seperti tahun-tahun sebelumnya.” Kata Padron.

Lebih lanjut Padron menjelaskan Pada tahun-tahun sebelumnya, mewabahnya kasus DBD di Kota Kupang sangat tinggi namun dengan adanya kegiatan rutin mingguan yang dilakukan oleh kelompok relawan yang tergabung dalam GPS, ini sudah membantu meminimalisir penyebaran jentik nyamuk DBD di Kota Kupang. Padron mengakui dukungan angaran dari DPR Kota Kupang untuk menyelesaikan masalah sampah cukup besar namun sayangnya tidak dimanfaatkan secara maksimal.

“Saya tadi sudah kordinasi dengan Dinas Kebersihan Kota Kupang untuk bantuan Truk sampah, tapi masalah yang ada di Kota Kupang adalah kendaraan yang kurang dan kendaraan tidak terawat dengan baik. Padahal dukungan DPR Kota Kupang, untuk anggaran itu cukup besar baik itu maintenancenya. dan Tahun ini kita anggarkan lagi untuk mobil sampah ada 4 unit. Untuk pengajuan anggaran masalah Sampah, DPR Kota Kupang selalu dukung”. Kata Padron.

Pada kesempatan itu Padron Paulus Juga mengapresiasi bentuk kepedulian yang dilakukan oleh Para ASN di lingkup Pemerintah Provinsi NTT, yang terlibat aktif setiap minggunya ikut membersihkan sampah di Kota Kupang. “Saya mengapresiasi keterlibatan aktif dari para ASN khususnya di Biro Umum Setda Provinsi NTT. Dukungan lewat Biro Umum yang dikoordinir oleh Pak george Hadjo, sangat luar biasa. Selain didukung dengan Sumber Daya Manusia, namun bantuan operasional seperti kendaraan sampah juga dikerahkan untuk mengangkut sampah. Ini merupakan salah satu bentuk kepedulian bahwa sampah di Kota Kupang merupakan masalah serius yang harus kita tangani bersama”. Ujarnya.

Untuk diketahui Gerakan Peduli sampah (GPS) digagas oleh Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat sejak 2 Tahun silam. Selain para ASN, yang tergabung di dalamnya juga terlibat aktif beberapa Anggota DPR Kota Kupang, Mahasiswa, Kelompok komunitas di Kota Kupang, maupun masyarakat umum yang mempunyai kepedulian terhadap kebersihan lingkungan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 NTTBANGKIT.

Tentang Kami   |   Tim Redaksi