Sen. Mei 23rd, 2022

NTT Bangkit

Media Promosi Pariwisata,Bisnis dan Investasi NTT

Mahasiwa Timor Leste Raih Gelar Doktor Ilmu Pemerintahan di IPDN

2 min read

Kepala Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri Bahtiar saat menguji sidang promosi Doktor Pemerintahan di Pascasarjana Institut Pemerintah Dalam Negeri (IPDN) Cilandak, Jakarta Selatan,JUmad, (27/7/2019) lalu.

JAKARTA, NTTBANGKIT.COM,–Kepala Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri, Dr. Bahtiar, menguji sidang promosi Doktor Pemerintahan di Pascasarjana Institut Pemerintah Dalam Negeri (IPDN) Cilandak, Jakarta Selatan. Ia menguji mahasiswa atas nama Quiteria Da Qosta dengan Nomor Induk Mahasiswa (NIM) DIP. 01. 053 pada Jumat (26/07/2019).

Quiteria menjalani sidang terbuka dengan judul penelitian yang dituangkan dalam disertasinya yang berjudul “Peran Perencanaan Pembangunan Wilayah dan Pemberdayaan Masyarakat dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat di Wilayah Perbatasan Negara (Studi di Desa Lebos dan Desa Gildapil, Kabupaten Bobonaro, Timor Leste.

Queteria beasil menemukan model “Quela” dari hasil penelitiannya. Ia adalah mahasiswi dari Negara Timor Leste yang menempuh program doktor ilmu pemerintahan di Indonesia. Sidang juga hadiri oleh Atase Pendidikan dan Asisten Atase Kedubes negara Timor Leste di Jakarta.

“Selamat, teruslah belajar, semoga penelitian ini berguna bagi IPDN dan memperkaya khasanah pengetahuan. Pastikan temuan penelitiannya berguna¬† untuk mengembangkan kebijakan negara timor leste dalam mengentaskan kemiskinan. Ciri ilmu pengetahuan bahwa tidak mengenal teritori wilaya. Dinegara manapun ilmu pengetahuan tersebut diperoleh yang penting adalah kemanfaatanya untuk kebaikan kehidupan manusia dimanapun berdomisili di dunia ini,”kata Kapuspen Kemendagri, Dr. Bahtiar,

Ilmu pengetahuan yang diperoleh, kata Bahtiar, harus bermanfaat bagi perkembangan peradaban manusia kearah yang lebih baik. Ia meminta Queteria yang telah menempuh pendidikan di Indonesia menjadi agen perubahan guna semakin mempererat hubungan baik antara negara Indonesia dan negara Timor Leste khususnya melalui kerja sama program-program perencanaan wilayah perbatasan dan pemberdayaan masyarakat miskin sesuai hasil.penelitian ibu Queteri yang kebetulan juga mantan diplomat negara Timor Leste.

Para Tim Penguji, yakni Prof. Dr. Murtir Jedawi S.H., S.Sos., M.Si.,  Prof. Dr. Hasan Effendy MPd., Prof. Dr. H.M. Aries Djaenuri, MA., Dr. Sampara Lukman, MA., Dr. Tumpak H. Simanjuntak, MA., Dr. Kusworo, M.Si., Dr. Drs. Bahtiar, M.Si., dan Dr. Widodo Sigit Pudjianto, SH., MH. (SP/Btr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 NTTBANGKIT.

Tentang Kami   |   Tim Redaksi