Rab. Jun 16th, 2021

NTT Bangkit

Media Promosi Pariwisata,Bisnis dan Investasi NTT

Gubernur NTT Pastikan Anggaran Rp 5 Miliar Untuk Pembuatan Jalan 3,5km di Nita Kabupaten Sikka

3 min read

Pertemuan Gubernur NTT, Viktor Laiskodat dengan Wabub Sikka dan Ketua Pengurus KSP Kopdit Pintu Air

KUPANG, NTTBANGKIT.COM – Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat memastikan alokasi anggaran senilai Rp 5 miliar dari Pos APBD I Propinsi NTT untuk pembangunan ruas jalan sepanjang 3,5 km dari pertigaan Nita, Rotat hingga Natawulu di Kecamatan Nita Kabupaten Sikka, Propinsi NTT.

Kepastian itu disampaikan Viktor usai bertemu dengan Wakil Bupati Sikka, Romanus Woga, Ketua Pengurus KSP Kopdit Pintu Air Yakobus Jano, tokoh masyarakat Kabupaten Sikka Suitbertus Amandus dan rombongan di ruang kerja Gubernur NTT, Jumat, (28/5/2021)

Pertemuan yang belangsung kurang lebih 45 menit itu didahului dengan penyampaian sekilas terkait pembangunan sarana-prasarana dasar bagi warga di Kabupaten Sikka oleh Wakil Bupati Sikka Romanus Woga yang juga adalah seorang tokoh koperasi nasional.

Menurut Romanus, jalan Nita- Rotat- Natawulu yang rusak kini sangat menggangu akses warga kecamatan Nita dari dan menuju kota Maumere, termasuk para anggota KSP Kopdit Pintu Air dan tamu undangan yang silih berganti mendatangi kantor koperasi tersebut.

“Sebagai salah satu koperasi terbaik nasional yang berkantor pusat di Kampung Rotat, Desa Ladogahar, Kecamatan Nita, akses jalan ini perlu mendapat perhatian ekstra. Pos ABBD II Sikka sulit karena dampak refocusing anggaran untuk Covid-19, jadi kita minta perhatian Pemerintah Propinsi dengan langsung mendatangi ruang kerja Bapak Gubernur untuk mendapatkan kepastian soal anggaran itu,” ungkapnya.

Terkait alokasi anggaran untuk ruas jalan tersebut ujar Romanus, Ia mendapat informasi bahwa saat pertemuan Gubernur NTT Viktor Laiskodat dengan Pengurus Pintu Air di Kupang tahun 2020 dijanjikan akan dialokasikan sekitar Rp 9 Miliar, kemudian menurun ke Rp 5 Miliar, Rp 3 Miliar hingga Rp 1,5 Miliar dalam informasi terakhir.

Untuk memastikan anggaran pembangunan ruas jalan tersebut maka Ia bersama para Pengurus Kopdit Pintu Air mendatangi lagi kantor Gubernur untuk bertemu dan mendapat kepastian dari orang nomor satu di propinsi NTT tersebut.

Adapun status jalan Nita- Natawulu adalah jalan kabupaten yang selama kurang lebih 20 tahun dibiarkan merana, rusak dan sempit meskipun di kilometer 1,7 berdiri megah Kantor Pusat KSP Kopdit Pintu Air yang merupakan koperasi peringkat satu nasional dan selama ini padat arus lalu lintasnya. Jalan lapen yang sudah puluhan tahun dikerjakan tersebut sulit dilalui dua kendaraan sekaligus, meski dengan kecepatan sedang dan harus ekstra hati- hati karena kontur miring pada sisi kiri dan kanan bahu jalannya.

Setelah mendengar keluhan saat itu Gubernur Viktor pun langsung memanggil Kepala Badan Keuangan Daerah Provinsi NTT, Drs.Zakarias Moruk,MM untuk menanyakan alokasi anggaran yang kini sudah final proses refocusing dan telah ditandatangani.

Didepan gubernur dan rombongan Wakil Bupati yang hadir, Zakarias langsung memastikan bahwa rencana pembangunan ruas jalan itu sudah dialokasikan untuk dikerjakan tahun 2021 senilai Rp 5 miliar. “Untuk ruas jalan Nita-Rotat- Natawulu sudah masuk dalam dokumen DPA senilai Rp 5 Miliar,” ujar Zakarias singkat.

Mendengar penyampaian data teknis dari stafnya itu, Gubernur Viktor langsung meminta semua pihak untuk mengamankan keputusan itu sesuai dokumen dan juga peruntukannya. “Saya minta dikerjakan tahun ini (2021,red) sesuai peruntukan. Dana ini tidak boleh dipindahkan kemanapun oleh siapapun,” tegas Viktor.

Adapun pertemuan singkat itu diisi dengan diskusi khusus terkait beberapa pilot project pengembangan sektor riil koperasi dan juga pembangunan infrastruktur dasar lainnya yang akan dikerjakan bersama oleh Pemerintah Propinsi NTT dan Kabupaten Sikka.

Semua agenda pembangunan tersebut tentu dalam satu semangat bersama untuk percepatan pembangunan ekonomi nasional (PEN) guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

(^)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 NTTBANGKIT.

Tentang Kami   |   Tim Redaksi