Sab. Sep 25th, 2021

NTT Bangkit

Media Promosi Pariwisata,Bisnis dan Investasi NTT

Jawab Impian Gubernur, Biro Umum Setda NTT Kembali Panen Sorgum Biogoma 3

2 min read

Panen sorgum jenis biogoma 3 di lahan Seluas 2 Hektar

KUPANG, NTTBANGKIT.COM – Biro Umum Setda Propinsi NTT berhasil melakukan panen sorgum jenis biogoma 3 untuk ke dua kalinya di lahan Seluas 2 Hektar yang berada di lokasi helipad samping rumah jabatan Gubernur NTT.

Dari pantauan di lapangan, Panen sorgum tahap kedua yang dilakukan oleh Para ASN Biro Umum setda Provinsi NTT ini hasilnya lebih sedikit dibandingkan panen pertama. namun, jenis sorgum biogoma 3 ini mempunyai banyak kelebihan untuk dikembangkan karena dapat panen 3 kali dalam sekali tanam. Selain itu batang dari tamanan ini dapat dianfaatkan untuk pakan ternak.

Kristian Mbuik Kepala sub Bagian Urusan dalam Pada Biro umum Setda Provinsi NTT mengatakan, Kegiatan panen ini dilaksanakan sebagai salah satu bentuk dukungan Biro Umum Setda Provinsi NTT terhadap program Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat, dan Wakil Gubernur NTT Joseph Nae Soi untuk mewujudkan ketahanan pangan Nasional dengan memanfaatkan kembali lahan kosong menjadi lahan Produktif Pertanian.

Ia menambahkan Jenis sorgum inilah yang nantinya akan dijadikan bibit untuk dikembangkan di 22 kabupaten kota di wilayah Nusa Tenggara Timur.

“Ini merupakan panen sorgum jenis Biogoma 3 untuk kedua kalinya. Hal ini kita lakukan untuk menerjemahkan mimpi besar Gubernur NTT untuk mewuiudkan swasembadah pangan dengan memanfaatkan kembali lahan-lahan kosong di 22 kabupaten Kota se Nusa Tenggara Timur “. Kata Kristian.

Kristian menambahkan Budidaya sorgum jenis Biogoma 3 yang di lakukan Biro Umum Setda Provinsi NTT ini dilakukan untk memenuhi kebutuhan bibit sorgom yang nantinya akan dikembangkan di 22 kabupaten kota Se Nusa Tenggara Timur.

“Panen sorgum ini akan dibuat bibit untuk nanti digunakan disemua lahan-lahan yang disiapkan pemerintah kota/kabupaten dan pemerintah provinsi”. Jelas Kristian.

Saat ini Biro Umum NTT selain melakukan panen tahap ke II di samping rumah jabatan Gubernur NTT, Biro Umum Setda Provinsi NTT juga siap untuk melakukan Penen sorgum jenis Biogoma 3 di lahan lainnya yaitu di Kabupaten Kupang, di Desa Takari seluas 2 ha, dan di Oesain Amarasi dengan luas 2 ha.

Untuk diketahui sebelumnya Pemerintah provinsi NTT, melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan menargetkan pada tahun 2022 ini akan mengembangkan 50 ribu hektare lahan tidur untuk mengembangkan komoditas pangan jenis sorgum sebagai kekuatan pengerak ekonomi dan pertumbuhan baru di provinsi NTT.

(^)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 NTTBANGKIT.

Tentang Kami   |   Tim Redaksi