Sab. Sep 25th, 2021

NTT Bangkit

Media Promosi Pariwisata,Bisnis dan Investasi NTT

Gebrakan Kelompok Tani Satelith, Berhasil Sulap Lahan Tidur jadi Lahan Produktif Pertanian Anggur.

2 min read

Kegiatan panen simbolis anggur oleh Manajer diklat dan pemberdayaan pusat koperasi credit union Indonesia ( PUSCOPCUINA) Wakil Bupati TTU bersama jajarannya ,Kapolsek Kecamatan Insana Utara ,perwakilan dari TNI  dewan pengurus badan pengawas, General Manajer Cu Kasih sejahtera, para deputy ,manejemen serta aktivis Cu Kasih sejahtera.

KUPANG, NTTBANGKIT.COM – Petani, inilah profesi yang jarang dilirik pemuda. Namun tidak bagi sekelompok warga yang berada di Desa Humusu C Kecamatan Insana Utara Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU).

Mereka berkumpul mendirikan kelompok tani yang dikenal kelompok tani Santa Elisabeth (Satelith) berhasil mengubah lahan kering menjadi lahan produktif pertanian di saat musim kemarau.

Atas usaha dan kerja keras dari anggota kelompok Tani Satelith dampingan Lembaga Keuangan Credit Union Kasih Sejahtera (CUKS) sehingga pada jumat ( 10/9/21) mereka berhasil melakukan panen perdana buah anggur dengan berbagai varian di lahan seluas 1.5 ha.

Kegiatan panen simbolis ini dimulai dengan ibadat syukur yang dipimpin langsung oleh uskup Atambua , Mgr Dr Dominikus Saku Pr, dalam kotbahnya mengapresiasi langkah awal yang di lakukan oleh CU kasih sejahtera untuk meningkatkan kualitas hidup anggota dalam bidang pemberdayaan .

Menurut Uskup Domi, gebrakan yang dilakukan oleh Kelompok Tani Satelith dibawah bimbingan lembaga Keuangan CU Kasih Sejahtera diharapkan menjadi contoh bagi warga lainnya untuk tidak takut bermimpi.

“Di Kebun Anggur Pantai Utara Wini, Kabupaten TTU, perdana langkah awal mimpi besar Eden. Jangan takut bermimpi, bukan kompetisi tapi komparasi bersinergi dalam bidang pemberdayaan kelompok basis. Saya kaget di tanah yang gersang udara yang panas orang wini bisa tanam anggur dan hasilnya sekarang kita nikmati”. Kata Uskup Domi.

Uskup Atambua berharap agar kolaborasi antara pihak pemerintah, gereja, maupun lembaga CUKS dalam perberdayaan kelompok tani ini terus dilakukan sehingga berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat.

“Saya berharap kedepan Pemerintah Gereja dan CU Kasih Sejahtera bisa bersinergi bekerja sama untuk mendukung usaha petani lewat budidaya anggur”. ucapnya.

Sementara itu Bupati Kabupaten Timor Tengah Utara, David Juandi dalam sambutannya meyampaikan apresiasi kepada kelompok Santa Elisabeth ( Satelith) yang dengan kekompakan dan kerja sama yang baik bisa menciptakan usaha produktif untuk meningkatkan pendapatan ekonomi dalam keluarga.

Kegiatan panen simbolis anggur ini juga dihadiri oleh Manajer diklat dan pemberdayaan pusat koperasi credit union Indonesia ( PUSCOPCUINA) Wakil Bupati TTU bersama jajarannya ,Kapolsek Kecamatan Insana Utara ,perwakilan dari TNI  dewan pengurus badan pengawas, General Manajer Cu Kasih sejahtera, para deputy ,manejemen serta aktivis Cu Kasih sejahtera yang berasal dari 12 kantor pelayanan di 3 Kabupaten yakni Kabupaten Belu, TTU dan Kabupaten Malaka.

(^)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 NTTBANGKIT.

Tentang Kami   |   Tim Redaksi