Sab. Okt 16th, 2021

NTT Bangkit

Media Promosi Pariwisata,Bisnis dan Investasi NTT

Didukung 5G Experience, Menkominfo: Pon XX Papua Berlangsung Baik

4 min read

Menkominfo Johnny G. Plate saat meninjau Media Center Kementerian Kominfo, di Kabupaten Jayapura, Papua, Kamis (07/10/2021). Dalam kunjungan itu, Menteri Johnny didampingi Dirjen IKP Usman Kansong dan Dirjen Aptika Semuel Abrijani Pangerapan, - (AYH)

JAKARTA, NTTBANGKIT.COM – Pekan Olahraga Nasional XX di Papua telah berlangsung hampir seminggu. Perhelatan olahraga empat tahunan yang berlangsung di masa pandemi itu, menurut Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate berjalan dengan baik.

Menkominfo menyatakan penopang sukses event nasional itu penggelaran layanan telekomunikasi jaringan 5G serta penyebaran informasi yang cepat dan luas.

“(PON XX Papua) ini juga bisa berhasil dengan baik karena didukung dengan 5G experience, yang dilakukan oleh Telkomsel di Media Center Kominfo di sini,” ujarnya saat meninjau Media Center Kementerian Kominfo, di Kabupaten Jayapura, Papua, Kamis (07/10/2021).

Menurut Menteri Johnny, layanan 5G yang mendukung Media Center Kementerian Kominfo memungkinkan informasi mengenai penyelenggaraan PON XX Papua dapat dinikmati masyarakat di seluruh Indonesia.

“Pelayanan di Media Center, baik Media Center utama maupun tiga klaster itu juga berlangsung dengan baik. Dari sebaran berita secara nasionalnya juga bagus. Bahkan pada saat pembukaan PON XX Papua yang dilakukan oleh Bapak Presiden juga menjangkau seluruh masyarakat secara nasional,” jelasnya.

Menkominfo menyatakan dukungan layanan sinyal 5G membantu awak media dalam menyebarkan informasi kepada masyarakat lebih cepat dan kualitas lebih baik. 

“Baik dari sisi kecepatan berita dan gambar yang lebih jernih. Saya berterima kasih kepada Media Center Kominfo karena bisa melakukan transmisi berita secara cepat kepada masyarakat. Mudah-mudahan, selanjutnya selama penyelenggaraan PON ini bisa berjalan dengan baik seperti yang kita bersama harapkan, sehingga suksesnya penyelenggaraan PON ini bisa dinikmati dan dirasakan secara langsung oleh masyarakat nasional,” tandasnya.

Selain jangkauan penyebaran informasi di level nasional, Menteri Johnny mengharapkan agar informasi mengenai PON XX Papua juga dapayt menjangkau negara tetangga Indonesia. 

“Sehingga etalase  PON ini menjadi salah satu contoh benchmark bagaimana penyelenggaraan event nasional yang besar dilakukan selama masa pandemi dapat dilaksanakan dengan baik, ini yang kita harapkan bersama,” ungkapnya.

Dukung Pengembangan Atlet

Kehadiran Presiden Joko Widodo dalam pembukaan PON XX Papua serta pelaksanaan pertandingan cabang olahraga dengan dukungan infrastruktur yang baik, menurut Menkominfo menunjukkan komitmen pemerintah untuk mendukung pengembangan Papua.

“Harapan kita tentu bersama-sama, harapan Bapak Presiden juga adalah dengan dibangunnya sarana prasarana olahraga yang secara masif dan besar-besaran di Papua, setelah PON bisa digunakan dengan baik,” ujarnya.

Menteri Johnny mengapresiasi optimistisme atlet yang bertanding di PON XX Papua sebagai  putra putri terbaik bangsa. Oleh karena itu, Menkominfo mengharapkan perhelatan PON XX Papua akan membangkitkan semangat atlet untuk bertanding baik di event nasional maupun internasional. 

“Kalau pelaksanaan PON-nya kita lihat sudah bagus, berjalan dengan baik, kemeriahannya dirasakan oleh rakyat, prestasi dan pertandingan juga berjalan dengan baik. Ada prestasi-prestasi olahraga yang dicapai, tersebar pula medalinya secara nasional di berbagai provinsi. Ini menandakan juga bahwa olahraga juga sudah tersebar di seluruh wilayah tanah air,” ungkapnya.

Menteri Johnny mengharapkan sarana dan prasarana yang sudah tersedia selama PON XX akan dapat memfasilitasi atlet, khususnya dari Papua dan Papua Barat agar lebih siap untuk mengikuti event olahraga selanjutnya.

“Kita tentu berharap setelah ini nanti ada event-event tahunan di cabang olahraga tertentu yang di mana fasilitas-fasilitas yang sudah tersedia di Papua. Karena fasilitas ini bagus sekali, saya kira yang dibangun ini modern, memudahkan bagi atlet sehingga tentu dengan demikian nanti prestasi atlet nasional kita harapkan juga lebih meningkat, lebih banyak turnamen, dan itu adalah pintu masuknya untuk pariwisata nasional di bidang olahraga,” tuturnya.

Perkuat Prokes

Disamping menyiapkan berbagai sarana dan prasarana yang menunjang kemeriahan PON XX Papua, Pemerintah juga memperketat protokol kesehatan dan terus monitoring tracing dan tracking untuk mengendalikan pandemi Covid-19. 

“Monitoring tracing dan tracking terkait dengan Covid-19 berjalan dengan baik dan cepat, sehingga pendeteksian terhadap atlet-atlet yang terdampak Covid-19 bisa dilakukan dengan cepat dan penanganan dilakukan dengan baik,” jelas Menkominfo.

Menteri Johnny menegaskan, proses tracing dan tracking harus terus ditingkatkan guna menjamin selama perhelatan PON XX Papua di semua cabang olahraga juga bisa berlangsung dengan lancar. Oleh karena itu, pemanfaatan aplikasi PeduliLindungi harus dilakukan secara masif.

“Karena aplikasi ini sangat membantu kegiatan masyarakat, sangat mendukung pemulihan perekonomian kita. Karena disitu tracing dan tracking itu bisa dilakukan dengan baik, sehingga pencegahan terhadap penularan lebih lanjut bisa dilakukan secara dini di spot-spot atau di tempat-tempat publik, termasuk PON,” jelasnya.

Menkominfo berharap, aplikasi PeduliLindungi akan menjadi bagian dari kegiatan masyarakat dan terus digunakan baik selama pandemi sampai dengan masa endemi.

“Ada tiga hal yang menjadi perhatian kita, yang pertama pasti pelaksanaan protokol kesehatan yang disiplin dan ketat khususnya memakai masker, yang kedua vaksinasi yang masif yang menjangkau masyarakat sehingga di akhir tahun ini mudah-mudahan 208 juta masyarakat bisa dijangkau proses vaksinasinya, dan yang ketiga pemanfaatan PeduliLindungi yang lebih masif,” paparnya.

Dalam kunjungan ke Media Center PON XX Papua, Menteri Johnny didampingi Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Usman Kansong; Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Semuel Abrijani Pangerapan; dan Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi Anang Latif.

Kunjungan kali ini merupakan kali kedua Menkominfo meninjau Media Center Klaster Kabupaten Jayapura. Usai peninjauan, Menteri Johnny melanjutkan kunjungan kerja ke Balai Monitoring Spektrum Frekuensi Radio Kelas II Jayapura.*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 NTTBANGKIT.

Tentang Kami   |   Tim Redaksi