Sen. Des 6th, 2021

NTT Bangkit

Media Promosi Pariwisata,Bisnis dan Investasi NTT

Rupbasan Kupang Kembangkan Budidaya Pohon Kelor

2 min read

KUPANG, NTTBANGKIT.COM – Daun kelor yang biasa dalam masyarakat Nusa Tenggera Timur biasa di sebut marungga adalah bahan pangan yang biasa diolah menjadi sayur.Tanaman yang hidup di daerah tropis ini memiliki banyak manfaat untuk Kesehatan, antara lain mencegah diabetes, mencegah hipertensi, menjaga Kesehatan fungsi otak, mencegah kanker dan masih banyak lagi. Hal tersebut dikarenakan daun kelor  mengandung semua unsur asam amino essensial yang sangat penting, yakni unsur argine, histidine, isoleucine, leusine, lysine, methionine, phenylalinine, threonine, tryptophan, dan valine.

Guna mendukung program Pemerintah Nusa Tenggara Timur untuk menanam kelor yang digaungkan oleh Ibu Ketua TP PKK Provinsi NTT Julie S. Laiskodat dan Ibu Wakil Ketua TP PKK Maria F. Djogo maka Rumah Penyimpanan Barang Sitaan, (Rupbasan) Kupang sebagai instansi pemerintah yang wilayah kerjanya di provinsi NTT ini juga turus serta dalam melaksanakn program budiidaya kelor, dengan menanam kelor di halaman samping kantor Rupbasan Kupang.

Kegiatan penanaman kelor oleh pegawai Rupbasan Kupang yang dipimpin langsung oleh Kepala Rupbasan Kupang Zonni Andra di damping oleh Pejabat Struktural Rupbasan Kupang.

Bibit kelor yang ditanam di lahan samping kantor ini merupakan bantuan dari Ibu Wakil Ketua PKK Provinsi NTT. Pada hari ini kita akan melaksanakan penanam anakan kelor berjumlah 500 pohon, guna mendukung program Pemerintah NTT melalui Ibu Wakil Ketua PKK Provinsi” ujar Zonni mengawali kegiatan tersebut.

Kegiatan penaman kelor ini dilaksankan di atas lahan berukuran 50m x 30m yang berada tepat di samping selatan Kantor Rupbasan Kupang dan dilaksankan oleh seluruh pegawai Rupbasan Kupang. Mohammad Rustham sebagai salah satu pejabat di Rupbasan Kupang yang dimintai komentar disela-sela kegiatan ini sangat mendukung kegiatan yang dilaksanakan ini. “Kita menanam kelor ini disamping mendukung program Pemerintah melalui Ibu Wakil Ketua PKK Provinsi NTT, juga bertujuan memfungsikan lahan-lahan yang ada disekitar kita dengan tanaman yang produktif”. Kegiatan yang dimulai jam 07.00 wita ini sampai dengan 08.30 wita ini  dilaksanak oleh semua pegawai secara antusias.

Mengakhiri kegiatan penanaman kelor ini Zonni berujar “ Saya sangat berterima kasih atas dukungan dari bapak/ibu para pegawai Rupbasan Kupang dalam kegiatan penanam kelor ini, karena daun kelor disamping bermanfaat bagi Kesehatan manusia, juga mampu meningkatkan taraf ekonomi”.

(^)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 NTTBANGKIT.

Tentang Kami   |   Tim Redaksi