Sab. Jan 16th, 2021

NTT Bangkit

Media Promosi Pariwisata,Bisnis dan Investasi NTT

Festival 3 Gunung Lembata 2019 Siap Tarik Wisatawan

3 min read

Bupati Lembata memukul gong dalam launching F3G di Lippo Mall Kuta (Sumber: bisnis.com)

LEMBATA, NTTBANGKIT.COM (NBC) – Festival 3 Gunung Lembata 2019 siap tarik wisatawan nasional dan mancanegara. Demikian jargon dari festival yang dikenal dengan sebuatan F3G di Lembata 2019. Sebagai salah satu kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Lembata merupakan salah satu wilayah yang memiliki banyak potensi wisata, baik wisata alam maupun budaya yang memiliki daya komersil bila dikelola secara baik dan profesional.

Sejalan dengan grand design Masyarakat Ekonomi NTT yang menempatkan sektor Pariwisata sebagai motor utama penggerak ekonomi, Pemerintah Provinsi NTT dalam sinergitas dengan Pemda Lembata akan menggelar suatu event wisata yang bertajuk “Festival 3 Gunung (F3G)” di Lembata dengan puncak event pada 26-31 Agustus 2019.

Festival 3 Gunung (F3G) menampilkan pesona gunung-gunung unik di Lembata, yakni Gunung Ile Lewotolok, Ile Batutara, dan Ile Werung. Tidak hanya tentang pesona alam dari 3 gunung, tetapi tentang segala aktivitas masyarakat yang hidup di bawah 3 gunung tersebut.

Kapan Launchingnya Festival 3 Gunung?

Adapun launching Festival 3 Gunung telah dilaksanakan pada Rabu, 24 April 2019  di Lippo Mall Kuta dan dihadiri oleh 300 undangan dari stakeholder Pariwisata Bali. Bupati Lembata Eliaser, Yentji Sunur sendiri yang meresmikan acara tersebut.

Kepala Badan Penghubung NTT, Victor Manek mengatakan bahwa  Festival 3 Gunung merupakan suatu paket kemasan produk wisata Lembata yang berisi rangkaian event budaya dan pariwisata yang diselenggarakan dengan tujuan mendorong pengembangan destinasi pariwisata Kabupaten Lembata menuju Masyarakat Ekonomi NTT yang mandiri secara ekonomi, sosial, dan budaya. 

“Festival 3 Gunung Produk ini sebenarnya sudah mulai diperkenalkan dan mulai dilaksanakan pertama kali pada tahun 2018 lalu. Pada tahun 2019 ini, Festival 3 Gunung Lembata tengah memasuki tahap pemasaran. Oleh karena itu, kami dari Badan Penghubung NTT pun tengah gencar melakukan promosi dan pemasaran secara langsung kepada pelaku pasar wisata yang ada di Jakarta dan wilayah lainnya, dalam sinergitas dengan Pemda Lembata tentunya,” tutur Manek kepada redaktur NBC.

Pra even Festival 3 Gunung, akan diadakan Festival Nale, Wisata Religi Bukit Doa,Tun Kwar,Rewa Ika, lamalera Whale Catching, Adventure,Tobu Namafata, Iegerek, Misa Arwah, Misa Leva, eva Nuang, Visit Barter and Night Market, Gala Desa, Land Tours and Travel Village, dan Semarak Menuju Puncak F3G.

Gunung Ile Lewotolok (Sumber: tempo.co)

Macam-macam Event yang akan dipersembahkan

Sedangkan Event utama yang akan dipersembahkan meliputi Blue Mountain Tours (BMT), Lembata International Heritage Walk, NTT Fashion Carnival. Ada pula Festival Paralayang Internasional, Sport Tourism (lomba dayung), Lembata Youth Music and Film Festival, Lembata Sunset Trail Family Fun Running Race, Festival Sole Oha, Koreografi Tarian Adat/Atraksi Asli Daerah Lembata.

Selain mata acara di atas, akan digelar juga Pentas Seni Budaya, Land Tours and Travel Village, Nuhanera dan Hukung Dive, Pameran Produk Kerajinan dan Kuliner Asli Lembata. Selain itu juga akan digelar diantaranya Lamalera Whale Catching Demonstration, Lembata International Documentary Festival, Festival Payung Nusantara, Ile Lewotolok Eksebition Volcano FootBall, Atraksi Ahar dan Hadok serta Land Tours and Travel Village. even akan digelar Festival Literasi, Expo Budaya Uyelewun Raya, Reka Uta dan Land Tours and Travel Village.

Paket kegiatan yang disuguhkan dalam festival budaya 3 gunung ini bermaksud untuk menunjukkan semua potensi wisata alam dan budaya yang dimiliki Lembata.

Lebih lanjut, Victor Manek menghimbau kepada putra/putri daerah untuk turut menyebarkan informasi melalui kanal-kanal media sosial tentang Festival 3 Gunung agar masifikasinya semakin baik.

“Putra/putri daerah kiranya juga menaruh atensi pada Festival 3 Gunung ini. Bila bukan kita sendiri yang memulai, siapa lagi. Oleh karena itu, selain ikut berpartisipasi, adik-adik, anak muda sekalian juga perlu menyebarkan informasi terkait pelaksanaan Festifal 3 Gunung ini melalui akun-akun media sosial masing-masing. ” Tambah Manek. (Emild Kadju/NBC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 NTTBANGKIT.

Tentang Kami   |   Tim Redaksi