Jum. Jan 15th, 2021

NTT Bangkit

Media Promosi Pariwisata,Bisnis dan Investasi NTT

Penari NTT Mendapatkan 2 Piala Dalam Parade Tari Nusantara 2019

3 min read

Penari NTT ketika menerima penghargaan sebagai penyaji tari unggulan (Sumber: Ist.)

JAKARTA, NTTBANGKIT.COM (NBC) – Kelompok penari asal Nusa Tenggara Timur (NTT) berhasil memperoleh dua piala dengan kategori penyaji tari unggulan dan penata rias/busana unggulan dalam ajang bergensi tingkat nasional Parade Tari Nusantara 2019 yang berlangsung di Garuda Taman Mini, Jakarta Timur, Sabtu (10/08/2019).

Konseptor tarian, Jemmy Neolaka, S.Sn, M.Sn mengatakan bahwa para penari NTT mengambil tema fatu kopa yang secara harafiah diartikan sebagai kapal karam untuk disuguhkan dalam Parade Tari Nusantara 2019.

Jemmy juga mengatakan bahwa tarian yang dibawakan oleh para penari NTT tersebut merupakan bentuk story telling menggunakan bahasa tubuh dengan pesan-pesan moral sebagaimana dalam legenda fatu kopa. Jemmy ingin agar tarian yang dibawakan tersebut bisa membawa para penonton untuk menyelami cerita legenda fatu kopa yang dipercaya sebagai kapal Nabi Nuh yang karam.

 “Saya memaknai tarian sebagai seni bercerita meenggunakan bahasa tubuh. Makanya tarian dengan tema fatu kopa ini sengaja saya buat seperti pentas teater dengan jalan cerita tersediri mulai dari pembuka, konflik, klimaks, dan penutup. Kita ini ingin menyampaikan pesan kepada para penonton tentang nilai di balik legenda fatu kopa,” tambah Jimmy.

Penata rias/busana penari NTT ketika menerima penghargaan sebagai penata rias/busana terbaik (Sumber: Dok. pribadi)

Sementara itu, salah satu dewan juri menyatan bahwa kekuatan para penari NTT terletak pada seni meramu cerita legenda ke dalam bentuk tarian neo-tradisional dengan balutan musik dan busana yang apik.

Salah satu penonton yang bernama Aida Ni’mah menyatakan kepada nttbangkit.com bahwa paket tarian yang dibawakan oleh para penari NTT membuat mereka seolah menonton sebuah film di bioskop.

Penari perempuan NTT (Dok. pribadi)

“Kita rasanya kayak sedang ada dalam bioskop dan lagi nonton film gitu. Pokoknya keren deh. Sukses buat NTT,” pungkas Aida.

Selain itu, salah satu penonton Parade Tari Nusantara 2019 asal NTT yang bernamaYuanita Ratu menyatakan bahwa ia bangga dengan anak muda NTT yang mampu tampil di ajang bergensi tingkat nasional dengan suguhan yang memanjakan mata.

“Super buat anak muda NTT yang hari ini mengharumkan nama NTT di belantika seni nusantara.” Kata Yuanita.

Para Penari didampingi oleh penata rias/busana (barisan belakang-ujung kiri), konseptor tari (barisan belakang – keenam dari kiri), Ketua Kontingen Penari NTT (barisan belakang-ketujuh dari kiri)

Pemimpin kontingen penari NTT, Eldi Ange, nttbangkit.com, berharap agar pemerintah provinsi bisa lebih menaruh atensi pada dunia seni. Eldi meyakini bahwa cerita rakyat dan semua produk kebudayaan di NTT bisa memiliki nilai komersil apabila dirangkaikan dan sampaikan melalui seni, baik itu tari, teatrikal, sastra, dan lain sebagainya.

“Kami berterimakasih kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT yang telah memfasilitasi kami semua sehingga bisa terlibat dalam acara bergengsi tingkat nasional, bahkan bisa memperoleh dua piala sekaligus. Semoga ini menjadi langkah awal bagi dunia seni NTT untuk eksis di tingkat nasional dan internasional.” tutur Eldi.

Secara terpisah, Kepala Badan Penghubung NTT, Victor Manek menyatakan bahwa prestasi anak muda NTT dalam dunia seni tentunya merupakan aset berharga provinsi NTT, dan sudah pasti akan didukung oleh pemerintah Provinsi NTT.

“Mereka bisa tampil saja, kita sudah bangga, apalagi bisa bawa pulang dua piala. Profisiat buat adik-adik penari NTT yang telah mengharumkan nama NTT di kancah nasional dengan memperoleh 2 piala untuk kategori penyaji tari terbaik dan penata busana terbaik. Tentunya pemerintah NTT akan terus ada bersama adik-adik dalam setiap karya dan usaha untuk mengharumkan dan memajukan NTT melalui seni.” tutur Manek. (Emild Kadju)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 NTTBANGKIT.

Tentang Kami   |   Tim Redaksi