Rab. Nov 25th, 2020

NTT Bangkit

Media Promosi Pariwisata,Bisnis dan Investasi NTT

Johnny Plate Ajak Generasi Muda Manggarai Lestarikan Tarian Caci

2 min read

Anggota DPR-RI Fraksi Partai NasDem, Johnny G. Plate saat Festival Budaya Manggarai, di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) beberapa waktu lalu. (BKR)

JAKARTA, NTTBANGKIT.COM,–Anggota DPR-RI, Fraksi Partai NasDem, Jhonny G. Plate mengaku bangga dan gembira atas penyelenggaraan Festival Budaya Manggarai, Sabtu (17/2019) di Anjungan NTT, Taman Mini Indonesia. Menurut Plate, salah satu budaya Manggarai yang harus terus dilestarikan adalah Tarian Caci Manggarai yang diwariskan nenek moyang.

“Tari Caci adalah salah satu aset budaya yang diwarikan nenek moyang kita yang harus kita lestarikan terus dari waktu ke waktu. Saya sangat bangga terlaksananya Festival Budaya Manggarai 2019 sebagai salah satu cara terus menumbukembangkan budaya dan mendukung pariwisata di daerah kita,” kata Plate di sela-sela acara Festival Budaya Manggarai yang digelar bertepatan dengan HUT RI ke 74 lalu.

Dikatakan Plate, supaya budaya Tari Caci yang sudah mendunia terus dipertahankan, maka generasi muda Manggarai harus mencintai Tari Caci. Dia mengapresiasi Ikatan Keluarga Besar Manggarai Jakarta dan Komunitas Perempuan Manggarai yang telah menggelar Tari Caci dan kegiatan budaya lainnya yang telah melibatkan begitu banyak generasi muda Manggarai di Jabodetabek.

“Kegiatan festival budaya ini harus terus dilakukan. Melalui festival dan pentas seni budaya Manggarai kaum muda terus belajar untuk memahami dan menguasai seni budaya Manggarai dari waktu ke waktu. Kegiatan semacam ini membangkitkan semangati kecintaan akan seni budaya di dalam diri kaum muda kita,” kata Plate.

Selain Plate, Ketua Umum Forum Kerukunan Masyarakat Flobamora (FKM Flobamora), Marsel Mudja pun mengaku gembira dengan pelaksanaan Festifal Budaya Manggarai 2019. Baginya, iven-iven budaya NTT harus terus digalakan masyarakat NTT diaspora secara rutin.

“Kegiatan-kegitan ini harus terus dilakukan secar rutin. Kalau hari ini ada festival budaya Manggarai ya besok bisa festival budaya Lembata, Alor, Rote, Sabu, Sumba, Timor, Sikka, Ende, Flores Timur, Ngada,dan Nagekeo. Dengan demikian, selain mendukung pembangunan pariwisata NTT juga menanamkan kecintaan generasi muda kita terhadap budaya NTT,” kata Marsel Mudja kepada NTTbangkit.com.

“Orang NTT memilik begitu banyak seni budaya yang sangat unik dan langka. Setiap kabupaten memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri. Inilah kekayaan kita yang layak dan patur kita pertahankan dan lestarikan,” ujarnya lagi.

Menurutnya, keberadaan FKM Flobamora di Jabodetabek, selain mengurusi kelurga besar Flobamora, juga salah satunya mendukung penuh dan terus memprakarsai kegiatan-kegiatan seni budaya NTT melalui IKB-IKB yang ada.

“Kita ini adalah ujung tombak masyarakat NTT. Jadi apa yang kita tampilkan di sini adalah cerminan dari masyarakat kita yang ada di NTT. Jadi mari kita terus bekerja sama melakukan berbagai kegiatan seni budaya dalam mengangkat harkat dan martabat kita dan terus mempromosikan pariwisata kita sebagai aset besar ekonomi daerah kita,” tutup Marsel. (Bungkornell/NBC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2019 NTTBANGKIT.

Tentang Kami   |   Tim Redaksi