Sel. Apr 20th, 2021

NTT Bangkit

Media Promosi Pariwisata,Bisnis dan Investasi NTT

Hari ke-5 Festival Panggil Ikan Dugong Digelar Lomba Foto, Selfie, dan Sketsa Destinasi Wisata Alor

3 min read

Panorama Indah Destinasi Wisata di Alor (Sumber: tripzilla.id)

KALABAHI, NTTBANGKIT.COM,-Festival Panggil Ikan Dugong di Kabupaten Alor sudah memasuki hari ke 5 yang dimulai dari tanggal 19 Juli sampai 25 Juli 2019. Pada hari ini, Selasa (23/07/19), Pemda Kabupaten Alor mengadakan lomba foto destinasi wisata, lomba selfie bertema alam dan wisata, dan lomba sketsa destinasi wisata Alor.

Tujua dari berbagai lomba ini adalah untuk memperkenalkan destinasi wisata yang ada di Alor melalui kanal-kanal media. Semakin banyak perserta lomba, semakin besar pula amplifikasi informasi tentang destinasi wisata di Kabupaten Alor.

Dalam wawancara eksklusif media ini, Kamis (18/07/2019), Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat mengharapkan agar Festival Panggil Ikan Dugong di Kabupaten Alor bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, baik lokal, nasional, maupun mancanegara.

“NTT begitu kaya akan budaya dan pariwisata. Sebagaimana Festival Inerie di kabupaten Ngada Festival Panggil ikan Dugong ini adalah tradisi dan kekayaan yang dimiliki provinsi NTT. Ini harus menjadi daya tarik internasional. Kita berharap dan dan bahwa budaya dan pariwisata kita akan menjadi motor penggerak ekonomi kerakyatan bila dikelola secara profesional dengan standar internasional,” kata Viktor Laiskodat.

Festival Panggil Ikan Dugong ini dihadiri sejumlah Forkopimda NTT, Sejumlah Pimpinan OPD Lingkup Pemprov NTT, Forkopimda Kabupaten Alor, Pimpinan BUMN dan BUMD Tingkat Provinsi NTT dan juga dari Kabupaten Alor.

Lebi lanjut, menurut Laiskodat, festival panggil ikan dugong ini harus dikemas dengan lebih baik lagi sehingga mendatangkan turis atau wisatawan sehingga memiliki nilai jual yang tinggi.

“Masyarakat diharapkan agar mampu memproduksi hasil olahan dari alam sekitar agar dapat meningkatkan nilai ekonomi dan dapat dipasarkan juga disini,” katanya.

Laiskodat juga menggambarkan bahwa seluruh perangkat kerjanya tengah berupaya mengembangkan produk pangan lokal dan hewan-hewan unggulan sembari menciptakan design marketplace dari produk-produk tersebut.

“Dalam pertemuan bersama para Bupati se-NTT, saya mengatakan bahwa pemerintah harus mendeskripsikan dengan baik tentang pariwisata seperti makanan, minuman, belanja sehingga ekonomi berbasis masyarakat dan kearifan lokal bisa meningkat.

Onesimus Laa seseorang yang memiliki kemampuan memanggil Ikan Dugong

Dia juga menyampaikan apresiasi kepada Onesimus Laa (Pria Alor), atas kemampuannya dalam memanggil Ikan Dugong, yang merupakan salah satu spesies laut yang dilindungi serta belum banyak mendapat perhatian masyarakat.

Berdasarkan pantauan media, Selasa (22/7), aktivitas Panggil Ikan yang dilakukan di Pantai Mali mendapat sorotan dari beberapa media nasional ternama, seperti Kompas, Berita Satu, Liputan 6, dan media-media nasional lainnya.

Sejalan dengan jargon Pemda NTT tentang Masyarakat Ekonomi NTT, Kepala Badan Penghubung Pemda NTT, Vickor MAnek, S.Sos, M.Si menyatakan bahwa festival panggil ikan dugong adalah tradisi khas Kabupaten Alor yang bisa mempromosikan budaya dan pariwisata Alor sekaligus. Manek juga menyatakan bahwa kehadiran media-media nasional pada acara festival tersebut membuat media branding jadi progresif sehingga amplifikasi informasi tentang Kabupaten Alor jadi semakin luas.

Manek juga mengatakan bahwa Badan Perwakilan Pemda NTT tengah melakukan rapat koordinasi dengan seluruh kabupaten untuk menggali dan sekaligus mempromosikan budaya dan pariwisata dari seluruh kabupaten se-provinsi NTT.

“Beberapa waktu lalu, Badan Penghubung Pemda NTT menggelar Forum Investasi masyarakat Ekonomi NTT di Jakarta dan Jogjakarta. Kedepannya kami akan melakukan konsolidasi dengan setiap kabupaten agar semua potensi budaya dan pariwisata bisa kami amplifikasi dan promosikan melalui cara-cara kreatif, seperti yang dilakukan hari ini di Alor yaitu lomba foto, selfie, dan sketsa destinasi wisata di tempat tersebut.” tutup Manek (Emild Kadju/NBC).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 NTTBANGKIT.

Tentang Kami   |   Tim Redaksi