Ming. Nov 29th, 2020

NTT Bangkit

Media Promosi Pariwisata,Bisnis dan Investasi NTT

Saat Pariwisata NTT Kembali Bangkit dari Kejatuhannya Selama Pandemi Covid-19

1 min read
Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nusa Tenggara Timur (NTT), Dr. I Wayan Darmawa (image: Indonesia Koran)

NTTBANGKIT.COM, KUPANG — Semenjak dibuka kembali destinasi pariwisata NTT pada masa new normal sejak 15 Juni 2020 lali, tampak bahwa wisatawan terutama wisatawan lokal dan nusantara mulai memadati berbagai destinasi wisata di NTT.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nusa Tenggara Timur (NTT), Dr. I

Wayan Darmawa dalam Webinar ASITA bertajuk “New Normal dan Kesiapan Provinsi Nusa Tenggara Timur Menyambut Wisatawan”, Rabu (10/06/2020) lalu membenarkan bahwa pariwisata NTT telah dibuka sejak 15 Juni 2020, termasuk Taman Nasional Pulau Komodo (TNK), tetapi dengan menerapkan protokol kesehatan.

Ia melanjutkan bahwa seluruh destinasi pariwisata di NTT, entah itu yang dikelola pemerintah pusat ataupun daerah yakni provinsi dan kabupaten/kota sudah menerapkan protokol kesehatan. Hal ini tampak dari 

tempat-tempat wisata yang saat ini selalu menyediakan fasilitas cuci tangan dan pemeriksaan suhu tubuh (Termometer Gun).

Wayan juga mengatakan bahwa masyarakat NTT sudah mulai sadar akan pentingnya mematuhi protokol kesehatan, seperti ke mana-mana selalu memakai masker. Namun dirinya juga mengakui bahwa masih banyak juga warga NTT yang sering mengabaikan protokol kesehatan.

Taman Nasional Komodo yang dikelola pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), juga menerapkan protokol kesehatan sejak dibuka kembali 15 Juni lalu.

Wayan juga percaya bahwa dengan dibukanya kembali pariwisata NTT, roda ekonomi masyarakat pun perlahan akan kembali berputar. 

“Dengan dibukanya kembali destinasi pariwisata, tentunya tour guide dan sopir bisa mendapatkan kembali orderan, dan kuliner masyarakat kecil pun bisa kembali bertumbuh. Dengan demikian, rantai kehidupan antara pariwisata dan ekonomi pun akan kembali tersambung,” tutur Wayan. (Emild Kadju)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2019 NTTBANGKIT.

Tentang Kami   |   Tim Redaksi