Sel. Des 1st, 2020

NTT Bangkit

Media Promosi Pariwisata,Bisnis dan Investasi NTT

Bupati Sabu Ajak Orang Sabu Diaspora Vote Kampung Adat Namata

3 min read

Kampung Adat Namata di Kabupaten Sabu Raijua (*)

KUPANG, NTTBANGKIT.COM,- Bupati Kabupaten Sabu Raijua, Drs. Nikodemus Rihi Heke mengajak seluruh orang Sabu Raijua yang berada di luar Sabu, baik di NTT maupun di luar NTT untuk mendukung pembangunan pariwisata di Sabu. Salah satunya dengan ikut vote Kampung Adat Namata yang saat ini masuk nominasi juara.

“Saya ajak semua orang Sabu di Sabu di luar Sabu untuk mendukung pembangunan pariwisata di Sabu dengan ikut Vote Kampung adat Namata yang tahun 2020 ini masuk nominasi juara.Caranya dengan ketik SMS API 13C kirim ke 99386. Mari kita berikan dukungan dengan memanfaatkan HP kita untuk kemajuan pariwisata Sabu supaya Kampung Ada Namata menjadi juara satu,”ajak Bupati Rihi Heke dalam pertemuan dengan para pemuda-pemudi Sabu Raijua di perkebunan sayur Kelompok Tani Wewar Manggana pimpinan Erlin Kupa, Minggu (7/9/2020) malam di Batuplat, Kota Kupang.

Bupati Rihi Heke mengatakan sudah tiga tahun berturut-turut, Sabu Raijua mengikuti iven promosi obyek wisata alam. Pada tahun 2018 Kalabamaja menjadi nominasi terbaik Surga Tersembunyi, pada tahun 2019 ada Gua Mabala masuk Apresiasi Pesona Indonesia Terunik Terppuler dan kita dan meraih juara dua karena kurang sosialisasi. Dan pada tahun 2020 ini ada Kampung Adat Namata masuk nominasi.

“Kita semua berusaha agar Kampung Adat namata bisa meraih juara satu. Kampaung ini bukan hanya milik rang Namata, tetpai mili semua orang Sabu Raijua. Kampung ini sudah jauh lebih terkenal dari Kalabaja dan Gua Mabala, hanya saja baru kita angkat. Jadi mari kita dukung dengan vote Kampung Adat Namata agar bisa menjadi juara,” pinta Bupati Nick yang hadir bersama tokoh pembangunan infrastruktur NTT dan mantan Kadis PU NTT tiga periode, Ir. Piter Djami Rebo,M.Si bersama istri, Frouke Rebo.

Sampi dengan hari ini, terang Bupati Nick, Kampung Adat Namata masih rangking teratas 19,9 persen dari 7 kontestan dari provinsi lain.

“Dengan kita meraih juara, nama kita menjadi terkenal dimana-mana yang dapat membawa wisatawan ke Sabu. Jika banyak wisatawan ke Sabu maka otomatis membuat orang Sabu harus mempersiapkan diri, yaitu siap makan-minum. Siap makan minum berarti kita membangun pertanian dan perkebunan dengan semangat tanam, tanam dan tanam untuk meningkatkan eknomi rakyat,” papar Bupati Nick.

Ditambahkan Bupati Nick, Saat ini pembangunan pariwisata baru mulai dikembangkan. Walau masih kalah jauh dengan kabupaten lain yang sudah lebih maju, namun terus bangkit berdiri membangun pariwisata Sabu agar maju berkembang.

“Saya ajak semua orang Sabu Raijua baik yang berada di seluruh NTT maupun di seluruh Indonesia untuk mendukung pembangunan pariwisata Sabu Raijua. Dukungan tersebut bisa materil dan moril serta doa agar kita bisa sukses bangkit maju bersama,” ujar Bupati Nick.

Djami Rebo Dukung Bupati Nick Lanjutkan Infrastruktur

Sementara itu, Tokoh Pembangunan Infrastruktur NTT, Ir. Piter Djami Rebo, M.Si yang hadir dalam acara tersebut, memberikan dukungan penuh kepada Bupati Nick Rihi Heke untuk melanjutkan pembangunan sabu diberbagai bidang, seperti kebutuhan dasar infrastruktur untuk mendukung pariwisata Sabu.

“Saya memberikan dukungan penuh kepada Pak Bupati Nick untuk melanjutkan pembangunan infrastruktur di Sabu. Berbicara soal pembangunan dan promosi pariwisata berarti infrastruktur pendukung harus kita siapkan secara baik. Jalan raya harus kita bangun dan kita perbaiki secara kontinyu, bandara harus kita bangun dengan fasilitas yang modern, pelabuhan harus kita benahi dan kita bangun dengan fasilitas yang baik agar dapat melayani seluruh warga termasuk melayani para wisatawan,” terang mantan Kadis PU NTT tiga periode itu.

Selain itu, jaringan komunikasi, perhotelan, home stay, perumahan dan listrik juga harus dibangun menyeluruh dan tuntas sehingga memudahkan segala akses ke Sabu Raijua. Dengan demikian, maka sektor pariwisata akan makin berkembang dengan lancar.

“Ketika sarana infrastruktur darat, laut dan udara serta jaringan telekomunikasi sudah dibangun lebih baik, maka tidak susah kita bangun dan promosikan pariwisata. Mengapa itu penting? Karena apa artinya kita promosi habis-habisan tetapi infrastruktur kita masih jauh dan snagat terbatas.Hal itu, tentu akan mengurangi semangat atau minat atau animo para wisawatan ke Sabu. Mari kita semua orang Sabu di mana saja dukung Bupati Nick lanjutkan pembangunan Sabu lima tahun mendatang agar apa yang sudah dibangun saat ini dituntaskan,” pinta Mantan Ketua Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK_ NTT ini.

Djami Rebo mengaku dirinya siap memberikan dukungan penuh kepada Bupati Nick dalam pembangunan ke depan. Bukan hanya cuma bicara saja, tetapi ia siap mengerahkan semua tenaga, pikiran, pengalaman dan jaringannya untuk membangun infrastruktur di Sabu Raijua yang masih sebagai daerah termiskin, tertinggal dan terluar (3T). (Kornelis Moa Nita/NBC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2019 NTTBANGKIT.

Tentang Kami   |   Tim Redaksi