Sab. Nov 28th, 2020

NTT Bangkit

Media Promosi Pariwisata,Bisnis dan Investasi NTT

Getarkan Istora Senayan, Ivan Nestorman Ingin Agar Musik Etnik Tetap Dirawat

2 min read

JAKARTA, NTTBANGKIT.com – Dalam rangka memeriahkan pekan kebudayaan nasional dari tanggal 7 sampai 13 Oktober 2019 bertempat di Istora Senayan Jakarta, para musisi dan seniman se-Indonesia diundang untuk menampilkan konser musik bernuansa etnik.

Sebagai salah satu musisi Indonesia yang konsen dalam aliran neotradisional, Ivan Nestorman pun mengambil bagian di dalamnya.

Bersama musisi-musisi Indonesia papan atas lainnya, Ivan Nestorman menampilkan sebuah suguhan neo-tradisional yang merupakan perpaduan antara musik tradisional dan sentuhan Jazz-Bossanova pada Jumat (11/10/2019) malam.

Gemuruh tepuk tangan ketika Ivan Nestorman tampil di panggung Istora Senayan (Picture: Dok. Pribadi)

Kepada NTTbangkit.com, Ivan mengatakan bahwa salah satu cara melestarikan musik-musik tradisional sehingga tetap eksis dalam industri musik modern adalah dengan memberikan sentuhan pernak-pernik modernitas kedalamnya.

“Nada-nada Jazz dan irama Bossanova misalnya menurut Ivan merupakan jenis musik yang bisa dipadukan dengan musik tradisional, sehingga menjadi radio-friendly. Artinya bahwa musik tersebut terdengar akrab dan nyaman di telinga pendengar. Orang biasanya akan menerima dan menikmati sebuah lagu dan musik, apabila mereka merasa nyaman dan familiar,” tutur Ivan setelah selesai perform.

Ivan juga mengatakan bahwa tantangan bagi musik-musik tradisional di era modern seperti sekarang ini adalah menyesuaikan diri atau hilang di tengah gempuran musik-musik modern.

“Tantangan terberat bagi para musisi etnik adalah bagaimana menghadapi gempuran musik modern. Bila kita tidak menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman, maka musik-musik tradisional bisa saja hilang,” jelas Ivan.

Ivan juga berharap agar pemerintah, baik daerah maupun pusat bisa menaruh atensi terhadap dunia seni, termasuk musik. Dengan adanya dukungan pemerintah, tentunya dunia musik akan berkembang baik.

Khusus musik etnik, Ivan juga berharap agar pemerintah bisa memberikan atensi dan dukungan terhadap musik-musik tradisional sehingga budaya dan khazanah budaya tetap bertahan. (*)

Penulis: Emild Kadju

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2019 NTTBANGKIT.

Tentang Kami   |   Tim Redaksi